Beranda Politik

Belum Ada Partai yang Mendaftar

ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,KPU merilis jadwal pendaftaran calon legislatif (caleg) DPR dan DPRD Pileg 2019 dari partai politik untuk 12–17 Juli mendatang. Hingga Rabu (11/7) belum ada satu pun parpol yang mendaftarkan calegnya.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, hingga hari kedelapan dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon, itu belum satu pun partai politik yang mendaftarkan ke KPU RI untuk calon anggota DPR RI.

“Masih tersisa enam hari lagi waktu yang dimiliki parpol untuk mendaftar,” ujar Arief, Rabu (11/7). Meski demikian, ia menyarankan agar pendaftaran tidak dilakukan pada hari-hari terakhir.

Informasi yang dihimpun, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di urutan teratas pendaftaran caleg yakni pada 12 Juli hari ini, disusul Partai Garuda dan Demokrat pada 14 Juli.

Selanjutnya, caleg partai Hanura dan Berkarya dijadwalkan mendaftar tanggal 15 Juli. Lalu, diikuti Nasdem dan PSI di hari berikutnya. Untuk pendaftaran di hari terakhir, tanggal 17 Juli, ada PPP, PAN dan PKS.

Meski demikian, masih ada empat parpol yang belum memastikan jadwal akan mendaftarkan caleg mereka. Yaitu, PDIP, Gerindra, PKPI dan Perindo.

Jadwal Pemilu 2019 tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu. Pemungutan suara Pileg 2019 akan berlangsung serentak dengan Pilpres 2019 yaitu pada 17 April 2019.

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan tahapan pendaftaran hingga penetapan caleg untuk Pemilu 2019. Pengumuman pengajuan daftar calon telah berlangsung tanggal 1–3 Juli lalu. Saat ini, tahapan telah memasuki pengajuan daftar calon, tanggal 4-17 Juli.

Sebelumnya, semua partai politik peserta Pemilu 2019 memang belum resmi mendaftarkan dokumen bakal caleg DPR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, PKB dan PDI Perjuangan telah menginput sebagian nama bakal caleg ke sistem informasi calon (Silon) KPU.(ded/nes)

Baca Juga