25 radar bogor

100 Ribu Formasi untuk CPNS Guru Daerah

Ilustrasi PNS.
Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pendaftaran CPNS (calon pegawai negeri sipil) baru bakal dibuka di akhir bulan ini. Kuotanya mencapai 250 ribu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan, usulan formasi CPNS baru itu sudah disampaikan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dari kuota yang dimaksud, 100 ribu di antaranya untuk guru.

“Tetapi (usulan formasi CPNS) belum (disampaikan) ke Presiden,’’ kata Asman setelah mengikuti pembukaan Rakornas Badan Kepegawian Negara (BKN) di Serpong, Tangerang Selatan, kemarin (11/7).

Asman menjelaskan, tahun ini ada 250 PNS pusat maupun daerah yang pensiun. Pemerintah tetap mempertahankan pengisian kursi CPNS baru dengan model zero growth. Sehingga kuota CPNS baru yang dibuka tahun ini tidak sampai 250 ribu.

”Tahun ini akan ada penambahan khusus untuk guru dan tenaga kesehatan,’’ jelasnya.

Untuk formasi CPNS guru daerah, Asman mengatakan sekitar 100 ribu orang. Sementara untuk CPNS tenaga kesehatan, dia belum bisa menyampaikan angkanya.

Sebab, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kementerian Kesehatan.

Lantas bagaimana dengan nasib guru honorer? Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menuturkan, tidak ada kuota khusus untuk tenaga honorer.

’’(Guru honorer, red) Silakan ikut (mendaftar, red) bagi yang masih di bawah 35 tahun. Yang lebih dari 35 tahun belum (ada skemanya, red),’’ jelasnya.

Bima menjelaskan, beberapa tahun lalu pernah ada kuota khusus untuk tes CPNS baru dari kelompok tenaga honorer. Tetapi, nyatanya hasil tes menunjukkan angka ujian yang jeblok.

Dia mengatakan saat ini pemerintah didesak dari sisi kemanusiaan, supaya mengangkat honorer itu. ”Kemanusiaan untuk honorernya atau muridnya,’’ katanya.

Dia menegaskan, rekrutmen CPNS baru tetap harus menyeleksi sumber daya yang berkualitas. Tidak boleh asal menerima. Apalagi hanya pertimbangan sudah lama mengabdi menjadi honorer. Jika guru tidak berkualitas dipaksa lolos cari CPNS baru, lanjutnya, kasihan muridnya.

Bima menegaskan pendaftaran CPNS baru untuk para tenaga honorer tetap melalui jalur reguler. Jadi, persyaratan seperti usia dan kualifikasi pendidikan, sama persis dengan pelamar pada umumya. Persaingan murni dari proses seleksi. (wan/ttg)