Beranda Metropolis

Mahasiswa IPB Ciptakan Baju Renang Muslimah

BERBAGI
INOVASI: M Hafiz Ambiya, Siti Nurjanah, Elfiana Nur Fitriani, Nasikhudin, dan Ratna Sholatia Harahap menciptakan baju renang muslimah.

Inovasi mahasiswa IPB tak ada habisnya. Kali ini datang dari M Hafiz Ambiya, Siti Nurjanah, Elfiana Nur Fitriani, Nasikhudin, dan Ratna Sholatia Harahap. Mereka berhasil menciptakan swim dream. Yakni, baju renang khusus muslimah yang dibuat sebagai program kreativitas mahasiswa (PKM).

Laporan: Tria Ayu Lestari

Ketua kelompok, M. Hafiz Ambiya dari FMIPA Matematika IPB menuturkan, PKM merupakan program pemerintah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang ditujukan untuk mahasiswa Indonesia.

“Mahasiswa harus membentuk tim dengan tiga sampai lima orang anggota. Nanti dapat mengajukan proposal dengan program apa saja kepada pemerintah,” bebernya.

Terdapat lima tema yang bisa disodorkan mahasiswa kepada kementerian. Di antaranya kewirausahaan, karya cipta, masyarakat, teknologi dan penelitian. Nah, PKM yang dibuat Hafiz dan kawan-kawan mengambil tema kewirausahaan, dengan menciptakan inovasi baru pada baju renang dengan sebuah gamis. Program ini sudah berjalan tiga bulan.

“Jadi, gamis ini memang dikhususkan untuk berenang. Hal ini diambil dari kerisauan perempuan yang berhijab dan ingin berenang namun sulit mendapatkan baju renang,” ungkapnya.

Kelebihan gamis swim dream buatan mereka, di antaranya bisa ditransformasikan menjadi celana di bagian roknya. Karena di bagian depan dan belakang gamis terdapat ritsleting, sehingga ketika dibuka, bisa dijadikan sebagai celana. Lalu terdapat lubang di bagian tangan untuk mengaitkan baju di ibu jari, untuk menahan lengan baju agar tidak tertarik. “Lalu di bagian kerudung ada tali untuk mengikat ke bagian bawah pundak agar kerudung pun tidak mengambang ketika berenang,” bebernya.

Ambiya menuturkan, target pasaran baju renang muslimah sejauh ini masih menyasar mahasiswa perikanan IPB yang diwajibkan untuk berenang. Karena di salah satu field trip-nya ada di pantai, dan khusus menyelam.

“Untuk itu, kami memasarkannya terlebih dahulu ke mahasiswa perikanan. Kemudian kami juga akan menyasar kepada masyarakat umum. Satu paket sudah terdapat gamis renang, legging panjang, dan jilbab,” bebernya.

Untuk informasi harga dan cara mendapatkan gamis ini, dapat menghubungi tim Hafiz Ambiya di media sosial Instagram: @swimdream_adc atau Line: @aeg0211d.(*/c)

Komentar Anda

Baca Juga