Beranda Olahraga piala dunia

Kandaskan Belgia, Prancis Lolos ke Final

INJAK FINAL: Pemain Prancis merayakan kelolosan mereka ke Final (Reuters)

SAINT PETERSBURG-RADAR BOGOR,Timnas Prancis akhirnya memastikan langkah ke final Piala Dunia 2018. Tim asuhan Didier Deschamps berhak melaju usai mengalahkan Belgia di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Sejak awal pertandingan, Belgia sebenarnya lebih sering menguasai bola. Di babak pertama, mereka mencatatkan keunggulan ball possesion 58 persen banding 42 persen.

Namun Prancis justru lebih agresif dibanding Romelu Lukaku Cs. Sayangnya dewi keberuntungan tidak berpihak pada mereka hingga wasit meniupkan peluit tanda istirahat.

Di awal babak kedua, barulah Prancis bisa unggul atas lawannya. Tepatnya menit 51, gawang Belgia kawalan Thibaut Courtois jebol berkat sundulan Samuel Umtiti.

Bek 24 tahun itu sukses meneruskan umpan sepak pojok dari Antoine Griezmann. Dalam duel udara, Umtiti unggul atas Marouane Fellaini. Bola yang disundulnya dapat melewati hadangan tangan Courtois.

Dalam keadaan tertinggal, Belgia semakin gencar menekan lini pertahanan Prancis. Namun apa mau dikata, keberadaan pemain bintang dunia seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Fellaini, dan Romelu Lukaku gagal merobohkan tembok pertahanan Les Bleus. Selain itu mereka juga kesulitan menaklukkan tangguhnya Hugo Lloris di bawah mistar gawang.

Kiper Tottenham Hotspur tersebut tampil brilian di pertandingan ini. Sejumlah penyelamatan krusial dilakukannya, dan yang cukup diingat saat ia menepis sepakan Toby Alderweireld para babak pertama.

Di paruh kedua pun, penampilan Lloris sangat luar biasa. Sejumlah usaha yang dilakukan Belgia dapat teratasi berkat komandonya dari lini belakang.

Hingga akhir laga, keunggulan Prancis tidak mengalami perubahan. Mereka lolos ke final dan peluang mengulangi prestasi juara seperti 20 tahun lalu makin terbuka lebar.

(ysp/bep/JPG)

Baca Juga