25 radar bogor

Siap Cetak 1 Juta E-KTP

SERIUS: Warga Kabupaten Bogor sedang melakukan proses pembuatan e-Ktp.
SERIUS: Warga Kabupaten Bogor sedang melakukan proses pembuatan e-Ktp.

CIBINONG-RADAR BOGOR,Dinas Kepen­dudukan dan Pencatatan Si­pil (Disdukcapil) Kabupaten Bo­gor siap mencetak 1.044.013 E-KTP.

Data yang dihimpun Radar Bogor, hingga 28 Juni 2018, wajib e-KTP berjumlah 3.215.248 jiwa. Sebanyak 3.044.013 di antaranya sudah melakukan perekaman.

Kepala Seksi Identitas pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Endah Handayani mengatakan, kini memprioritaskan pencetakan e-KTP bagi warga yang telah melakukan perekaman atau print ready record (PRR).

“Karena itu target pusat. Cuma kita tidak serta merta me­nga­baikan yang lain seperti peng­gantian elemen data, semisalnya peru­bahan alamat, ganti status, atau pendatang, tetap kita layani mes­kipun selang-seling,” jelasnya.

Menurut Endah, untuk per­mo­honan pembuatan e-KTP maupun KK seluruhnya harus melalui kantor kecamatan, kemudian staf Disdukcapil me­ngirimkan data ke kantor Dis­dukcapil. Masyarakat ting­gal me­nunggu, meskipun mem­bu­tuhkan waktu yang tidak sedikit.

“Namun ada beberapa yang misalnya membutuhkan un­tuk BPJS atau lainnya, hal urgen. Bila ada yang seperti itu, pak kadis ambil kebijaksanaan kalau memang perlu dida­hulukan,” urainya.

Lebih lanjut Endah mene­rangkan, pihaknya mengaku tidak kesulitan soal urusan blangko. Tiap kali habis, Ke­men­­dagri selalu mengirimkan kembali dengan jumlah sesuai permintaan.

“Begitu habis kita minta lang­­sung dapat. Minggu ke­ma­­rin dapat 30 ribu keping, tergan­tung kebutuhan PRR. Kalau di kita masih banyak, jadi eng­gak berani min­ta, pernah juga hingga 50 ribu blangko,” bebernya. (wil/c)