25 radar bogor

Semifinal Prancis vs Belgia, Berikut Kekuatan dan Kelemahan Kedua Tim

Bintang Prancis Griezmann dan Kapten Belgia Eden Hazard.
Bintang Prancis Griezmann dan Kapten Belgia Eden Hazard.

RADAR BOGOR-Semifinal Piala Dunia 2018 bakal dibuka dengan laga perang bintang Prancis vs Belgia di Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) mulai pukul 01.00 WIB.

Duel dua kekuatan dari Benua Biru ini bisa dipastikan sengit, mengingat materi pemain kedua kesebelasan.

Mayoritas antarpemain juga sudah saling kenal, karena membela klub yang sama. Tak ada rahasia.

Paul Pogba (Prancis) dan Romelu Lukaku (Belgia), mereka adalah kawan akrab, sering pesta bareng dan teman curhat. Dua pemain sama-sama digaji Manchester United.

Eden Hazard (Belgia) dan N’Golo Kante (Prancis), sama-sama dari Chelsea. Hugo Lloris (Prancis) dan Jan Verthongen (Belgia), adalah dua pilar tak tergantikan di Tottenham Hotspur.

Jadi, apa dan siapa yang akan menentukan kemenangan timnya nanti? Berikut, di bawah ini keunggulan dan kelemahan Prancis dan Belgia. (jp/ysp)

Kekuatan

Prancis
Muda dan cepat menjadi karakter Prancis di Rusia. Les Bleus memiliki kelebihan di counter attack yang hampir selalu efektif dengan motor utama di Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Set pieces dan bola-bola atas juga jadi salah satu alternatif lumbung gol Prancis terbukti dengan Selain itu, kembalinya Blaise Matuidi membuat lini tengah Prancis kian komplet.

Belgia
Bila Prancis punya Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe, maka Belgia ada Eden Hazard dan Kevin De Bruyne sebagai motor serangan. Itu belulm ditambah Romelu Lukaku yang lebih tajam ketimbang Olivier Giroud. Singkatnya, lini depan tim polesan Roberto Martinez lebih berbahaya dan terbukti dengan menyandang tim paling produktif di Rusia. Tiga bek jangkung mereka juga jadi nilai lebih.

Kelemahan

Prancis
Untuk lini tengah dan depan, hampir tidak ada kekurangan dari Prancis. Namun, performa pertahanan mereka yang layak disoroti. Meski hanya bobol empat kali dari lima laga sebelumnya, lini belakang Prancis, terutama Samuel Umtiti, kerap teledor. Apalagi, yang dihadapi dini hari nanti adalah tmi dengan produktivitas nomor satu di Rusia. Kepemimpinan Hugo Lloris juga diklaim belum terlalu ampuh bila tim dalam tekanan.

Belgia
Materi pemain yang merata menjadikan Belgia hampir tidak memiliki celah untuk dikalahkan. Tetapi, konsistensi dan konsentrasi Eden Hazard dkk, terutama lini belakang, sedikit terkendala bila melawan tim dengan permainan cepat. Tertinggal dua gol lebih dulu oleh Jepang di 16 besar adalah catatan merah bagi pelatih Roberto Martinez. Terlebih, Thomas Meunier absen karena akumulasi kartu kuning.