25 radar bogor

Pelototi IPAL Bangunan Industri

AWASI: Kawasan industri Pulogadung Jakarta Timur menjadi sasaran Pemerintah DKI untuk diperiksa kondisi air bawah tanah dan IPAL-nya.
AWASI: Kawasan industri Pulogadung Jakarta Timur menjadi sasaran Pemerintah DKI untuk diperiksa kondisi air bawah tanah dan IPAL-nya.

CIBUBUR– RADAR BOGOR, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan me­mimpin apel tim penga­wasan terpadu penyediaan sumur resapan, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), serta pe­man­faatan air tanah pada ba­ngunan industri. “Mulai hari ini, kami juga akan memeriksa bangunan-bangunan industri untuk memastikan mereka taat pada aturan,” kata Anies, di lokasi apel, kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (9/7).

Dijelaskannya, tim pe­nga­wasan terpadu tersebut akan melakukan pemeriksaan hingga 20 Juli mendatang terhadap 80 bangunan industri yang berada di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

“Ditargetkan ada 10 bangu­nan dalam satu harinya yang diperiksa. Untuk sasaran pertama di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung,” tandasnya.

Untuk diketahui, para pemilik atau pengelola 80 bangunan industri yang akan diperiksa se­belumnya telah diberikan informasi melalui surat pembe­ritahuan pada 29 Juni 2018 tentang pemberitahuan peme­riksaan bangunan gedung.

Sementara, tim pengawasan terpadu yang akan bertugas berjumlah 120 personel dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan badan usaha mi­lik daerah (BUMD). Mereka berasal dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan; Dinas Perindustrian dan Energi; serta Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian, Dinas Usaha Kecil dan Menengah serta Per­dagangan; Dinas Sumber Daya Air; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Ter­padu Satu Pintu; Satpol PP, Pemkot, PDAM Jaya; dan PD PAL Jaya.(bej/net)