Beranda Metropolis

Kelurahan Layani E-KTP sampai Siang

Layanan E-KTP di kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal (Dok.Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Antusiasme warga memperoleh e-KTP, tampaknya, belum berakhir. Terbukti, kini kantor kelurahan pun mulai didatangi warga yang antre ingin membuat maupun mencetak e-KTP.

Seperti yang terpantau sejak pukul 07.30 di kantor Kelurahan Kedungjaya, Kecamatan Tanahsareal. Tercatat, dari 100 nomor antrean yang disediakan, sudah habis 75.

“Pelimpahan untuk pelaksanaan pencetakan e-KTP, kami sudah rapatkan dengan kecamatan per hari ini,” ujar Lurah Pria Gunadi kepada Radar Bogor.

Dalam penerapan ini, lanjut Pria, pihaknya mengun­dang warga mendatangi kantor kelurahan. Kedatangan war­ga yang belum mencetak e-KTP, sebelumnya telah diberi pemberitahuan melalui RT/RW. Lanjut Pria, jemput bola ini juga sesuai instruksi wali kota.

“Alhamdulillah, masyarakat antusias untuk mendapat layanan 14 hari kerja,” ujarnya. Perlu dicatat, kata Pria, bagi warga yang ingin mendapatkan e-KTP cukup membawa suket asli dan fotokopi KTP. Tujuannya, agar sesuai dengan nama dan alamat yang tercantum. Layanan e-KTP ini, kata Pria, hanya dibuka hingga pukul 12.00.

Pasalnya, berkas yang masuk langsung dikirim ke kecamatan untuk kemudian diserahkan ke Disdukcapil.

“Apabila setelah jam 12, masih ada masyarakat yang ingin mengajukan, akan tetap dilayani. Namun baru akan disetorkan esok hari, sebab berkasnya sudah dikirim ke kecamatan,” terangnya.

Pria berharap, layanan yang dilimpahkan ke kelurahan ini dapat mempermudah warga. Bahkan, petugas kelurahan pun nantinya akan mengirimkan KTP langsung ke rumah warga.

“Nanti diserahkan ke RT/RW didampingi petugas kami. Warga tinggal menukarkan struk bukti penebusan dengan KTP yang sudah jadi,” ungkapnya.

Pelayanan jemput bola juga dilakukan kelurahan padat penduduk, Tegallega. Lurah Tegallega Ervin Yulianto mengatakan, e-KTP diantar langsung ke rumah warga.

Bahkan, hari ini (kemarin) sudah ada 43 warga yang menerimanya. “Jadi, pelayanan adminduk di Tegallega seperti biasa hari kerja. Dan mulai Senin, kecamatan
menginstruksikan agar pelayanan e-KTP bisa dilakukan di sini,” katanya.

Kesibukan juga terlihat di Kelurahan Sempur. Lurah Rena Da Frina mengatakan, per hari ini (kemarin, red) hingga pukul 13.00, sudah ada 40 warga yang mengajukan suket pencetakan e-KTP.

“Nantinya setelah ini kami akan berkoordinasi dengan RT/RW untuk mendistribusikannya,” terang Rena.(don/c)

Baca Juga