Beranda Bogor Raya

Berbagi Ilmu dengan UMK, Siap Tembus Pasar Dunia

BERBAGI : Kampung wisata Bisbis di Desa Tegalwaru Kecamatan Cieampea, saat dikunjungi dosen IPB dan mahasiswa Amerika Serikat

RADAR BOGOR-Kampung Wisata Bisnis di Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor selalu memiliki keunikan. Desa yang dulunya biasa-biasa saja itu, saat ini tak sedikit orang-orang dari luar daerah, bahkan luar negeri datang untuk mengetahui seluk-beluk Kampung Wisata Bisnis.

Salah satunya saat Dosen Teknologi Industri Pertanian (TIN IPB) dan mahasiswa Villanova University Amerika Serikat datang berkunjung. Para UMK pun sangat semringah.

Founder KWB Desa Tegalwaru Tatiek Kancianiati mengatakan, dengan kedatangan mereka, UKM akan terbina skill dan kemampuannya dari segi keilmuan dan juga teknologi.

“Saya sangat berharap dari kegiatan kunjungan ini akan menciptakan mindset mo­dernisasi bagi para pelaku UKM di sini. Dengan adanya modernisasi, paling tidak tingkat produksi usaha di sini semakin besar,” ujarnya kepada kepada Radar Bogor.

Di sisi lain, Dosen TIN IPB Hartrisari mengatakan, para mahasiswa yang terlibat dalam kunjungan tersebut akan mengkaji lebih dalam tentang kebutuhan dan masalah yang dihadapi para pelaku UKM. Paling tidak, kata dia, mo­dernisasi para UKM akan se­makin membantu pening­katan kesejahteraan.

“Penerapan teknologi dalam dunia bisnis untuk era saat ini merupakan sebuah keharu­san. Mahasiswa akan mempelaja­ri segala kendala yang sela­ma ini dihadapi KWB Tegalwaru,” katanya. Dia berharap dari kolaborasi tersebut ada modernisasi di KWB, sehingga pemasaran produk usahanya bisa tembus ke pasar dunia.(cr3/c)

Baca Juga