Beranda Politik

151 Daerah Rampung, Tiga Belum

 TETAP DAMAI: Doa bersama lima tokoh agama di Kabupaten Merauke dalam rangka mewujudkan pilkada Papua berlangsung damai.

JAKARTA- RADAR BOGOR,Sejumlah 151 daerah dari 154 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah tingkat kabupaten / kota telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara pada 6 Juli 2018. Namun masih ada tiga kabupaten/kota yang masih belum selesai, yakni Jayawijaya, Mimika dan Pania di Provinsi Papua.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, Kabupaten Jawawijaya dan Mimika belum selesai merekap penghitungan lantaran menunda rekapitulasi penghitungan suara. Sedangkan Kabupaten Pania menunda pemungutan suara.

“Dari 154 kab/kota, tiga tadi belum selesai, berarti hanya 151 yang sudah selesai, yang sudah mengirimkan hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten kepada KPU Pusat ada 105 daerah,” ungkap Arief.

Ia menjelaskan, masih ada 46 daerah atau 46 persen daerah yang belum mengirimkan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota atau dokumen Db1. Akan tetapi sudah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPUD kabupaten/kota.

Diketahui, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPUD kabupaten kota digelar mulai 4–6 Juli 2018 mengacu pada perubahan PKPU Nomor 2 Tahun 2018 mengenai tahapan rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil pilkada kabupaten kota 2018.(jaa)

Baca Juga