Beranda Olahraga

Dominisi Premier League

RASA PREMIER LEAGUE: Bek Belgia, Jan Vertonghen (kiri) mengawal pergerakan gelandang sayap Brasil Willian di babak delapan besar Piala Dunia 2018, Sabtu (7/7) dini hari WIB. Keduanya bermain di Premier League, dimana Vertonghen bersama Tottenham Hotspur. Sedangkan Willian membela Chelsea.

RADAR BOGOR – Premier League mendominasi semifinal Piala Dunia 2018. Uraian data di bawah ini akan membuktikannya, dan jumlah pemain yang berkarier di sana indikator utamanya.

Piala Dunia 2018 sudah sampai di babak empat besar. Prancis akan menghadapi Belgia. Di laga lainnya, Kroasia akan berhadapan dengan Inggris.

Dari keempat tim yang berlaga di semifinal Piala Dunia 2018, semuanya diperkuat pemain yang berkarier di Liga Inggris. Kroasia paling sedikit, dengan cuma ada 1 pemain dari Premier League. Dia adalah pemain Liverpool, Dejan Lovren.

Sementara di timnas Prancis ada lima pemain dari kasta tertinggi kompetisi sepak bola Negeri Ratu Elisabeth, di anggota skuat Belgia ada 12 pemain dari Premier League. Inggris mengandalkan 100 persen pemain dari liga negaranya sendiri.

Dari total 92 pemain yang menjadi skuat semifinalis Piala Dunia, 41 di antaranya berlaga di Premier League. Yang terbanyak berasal dari Tottenham Hotspur, ada sem­bilan pemain. Menyusul kemu­dian ada Manchester City, Manchester United, dan Chelsea, dengan jumlah tujuh pemain.

Sementara itu, Liverpool menyum­bangkan lima pemain, Leicester City dua pemain. Arsenal, Stoke City, Burnley, Everton, dan West Bromwich Albion masing-masing menyumbangkan satu pemain.

Dua pemain tersubur Piala Dunia 2018 juga berasal dari Premier League. Stri­ker Inggris, Harry Kane, sudah mem­bukukan enam gol, menyusul kemudian pemain Belgia, Romelu Lukaku, dengan empat gol yang dibikin. Dari 157 gol yang sudah tercipta di Rusia, 41 di anta­ranya dibukukan oleh pemain-pemain Premier League.(rur/net)

Baca Juga