25 radar bogor

Anak Diterkam Buaya, Ibunya Lompat ke Sungai Lakukan Aksi Heroik Ini

ilustrasi Emak-Emak duel dengan buaya
ilustrasi Emak-Emak duel dengan buaya.
Ilustrasi Buaya.

JAMBI-RADAR BOGOR, Seorang siswa kelas 6 SD di Teluk Dawan, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjab Timur, Jambi, inisial YP (12), diterkam buaya, Sabtu (7/7/2018) malam pukul 22.30 WIB.  Beruntung korban berhasil diselamatkan berkat aksi heroik sang ibunda.

Kejadian bermula saat YP berniat mengambil air di sungai belakang rumahnya untuk menyiram bunga. Nahasnya, saat mau mengambil air langsung diterkam buaya.

Korban diseret sejauh 15 meter ke tengah sungai. Ibu korban Rasmi (37) yang melihat anaknya diseret buaya, langsung berenang untuk merebut anaknya dari gigitan buaya.

“Ibunya langsung terjun berenang dan membawa anaknya ke tepi,” ujar Usman yang merupakan ayah YP.

Akibat terkaman buaya tersebut, saat ini YP tengah menjalani perawatan di RSUD Nurdin Hamzah Muarasabak, dikarenakan tangan kanannya mengalami luka gigitan.

Kapolsek Sabak Barat, IPDA Ika Widaymiko, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini. Kata Dia, beruntung korban berhasil diselamatkan.  “Korban anak-anak warga Teluk Dawan,” ujar IPDA Ika saat dihubungi via ponselnya, Minggu (8/7/2018).

Menurutnya, memang kerap terjadi warga diterkam buaya di sepanjang aliran Sungai Teluk Dawan. Sebab, sungai tersebut merupakan tempat habitat buaya muara.

“Memang sungai ini tempat habitatnya, dan kerap kali terjadi warga diterkam buaya,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi, dalam waktu dekat akan dilakukan penyisiran oleh pihak kecamatan dan BKSDA, agar manusia yang tinggal di pinggiran sungai bisa saling hidup berdampingan tanpa harus ada korban.

“Kita juga mengimbau, agar masyarakat terus waspada dan berhati-hati saat berada di pinggir sungai, karena sungai ini tempat habitatnya buaya muara, “pungkasnya. (oni/ysp)