Beranda Berita Utama

Sabtu-Minggu Tetap Ganjil Genap

BERBAGI
RAMAI: Pemberlakuan ganjil genap di tol Jagorawi berdampak dengan berkurangnya arus kendaraan, terutama di gerbang tol Cibubur 2, kemarin.

JAKARTA–Asian Games yang kian dekat membuat Korlantas Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan ganjil genap untuk sejumlah jalan yang menjadi titik lalu lintas atlet. Dengan rekayasa tersebut diharapkan transportasi atlet hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menjelaskan bahwa ganjil genap ini hasil diskusi panjang antara Korlantas, Kementerian Perhubungan dan Pemda DKI Jakarta. Rekayasa ganjil genap ini akan diterapkan di sejumlah titik sejak pukul 06.00. ”Hari Sabtu dan Minggu ganjil genap tetap dilakukan,” jelasnya.

Penerapan ganjil genap bahkan saat weekend ini dikarenakan pertandingan tetap berlangsung saat weekend. Tidak hanya ganjil genap, ada juga pembatasan kendaraan, berupa truk dilarang melewati. ”Truk dilarang lewat sejak di Tomang, tidak hanya Cawang,” paparnya.

Dia berharap agar masyarakat legawa menerima rekayasa lalu lintas tersebut. Untuk memperlancar, maka Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengajak masyarakat untuk bersepeda. ”Saya akan berikan contoh, saat Asian Games, ke mana-mana saya naik sepeda,” jelasnya.

Dengan segala rekayasa lalu lintas tersebut, dia mengatakan bahwa waktu transportasi atlet diharapkan hanya 30 menit. Sebab, para atlet ini memerlukan waktu untuk persiapan dan pemanasan. ”Jadi, jangan sampai buru-buru, karena kelamaan di jalan,” tuturnya.

Untuk mengatur lalu lintas para atlet, dia mengatakan hanya untuk Jakarta ada 4 ribu personel yang telah disiapkan. Mereka akan berada di titik atau jalur transportasi para atlet. ”Sudah disiapkan. Kalau untuk daerah lain bisa lebih banyak,” terangnya.

Apakah juga ada masalah lalu lintas di provinsi lainnya? Dia mengatakan bahwa untuk provinsi lain relatif tidak ada masalah. ”Apalagi di Sumatera Selatan, lancar sekali,” jelasnya.

Menurutnya, dengan berbagai rekayasa lalu lintas tersebut diharapkan pagelaran Asian Games bisa berlangsung dengan sukses. ”Sehingga, bisa mengharumkan nama bangsa. Pasti semua akan terpengaruh bila dinilai baik,” papar jenderal berbintang dua tersebut.(idr)

Komentar Anda

Baca Juga