Beranda Olahraga piala dunia

Raih Tiket Semifinal Usai Kandaskan Swedia, Inggris Akhiri Penantian 28 Tahun

BERBAGI
KETAT Winger Inggris Raheem Sterling dikawal bek Swedia Augustinsson (FIFA.com)

SAMARA-RADAR BOGOR,Seperti di laga-laga sebelumnya, Swedia menunjukkan permainan bertahan yang kokoh. Mereka tak terlalu agresif untuk memberi tekanan bagi Inggris pada laga perempat final di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018).

Inggris pantas disebut sebagai spesialis gol bola mati. Pasalnya, gol yang dicetak Harry Maguire ke gawang Swedia pada menit 30 berasal dari tendangan sudut. Berkat penempatan posisi dan timing yang bagus, Maguire bisa menyundul bola dengan sempurna.

Unggul 1-0 tak membuat Inggris puas. Tekanan justru makin gencar. Di menit-menit akhir laga Sterling punya dua peluang untuk menambah keunggulan. Peluang pertama batal karena sudah berada dalam posisi offside.

Peluang kedua nyaris menjadi gol. Sukses mengelabui kiper Swedia, Sterling hanya tinggal mencocor bola ke dalam gawang. Namun respons cepat bek Swedia membuat bola pun melayang ke luar lapangan.

Itulah peluang terbaik yang didapat Inggris di babak pertama. Skor tak berubah, masih 1-0 untuk Harry Kane dan kolega.

Swedia langsung menggebrak di awal babak kedua. Laga baru berjalan kurang dari 5 menit, satu buah peluang sudah langsung didapat skuad besutan Janne Andersson ini.

Marcus Berg mendapat peluang dengan melakukan sundulan. Peluang ini membuat Jordan Pickford harus melompat menyelamatkan gawangnya. Inilah peluang terbaik pertama yang didapat Swedia sepanjang babak pertama dan awal babak kedua.

Meski Swedia yang mampu meraih peluang apik di awal babak kedua, justru Inggris yang mencetak gol kembali. Seperti gol sebelumnya, gol kedua ini juga melalui sebuah sundulan. Namun, gol yang dicetak Dele Alli ini bukan berasal dari situasi set pieces.

Swedia makin bernafsu memburu gol. Sempat menciptakan sebuah peluang apik beberapa menit kemudian. Namun kegemilangan Pickford membuat usaha Swedia menjadi sia-sia. Lagi, Pickford berhasil mementahkan peluang terbaik yang dimiliki Swedia.

Usai gol kedua Inggris, Swedia mulai menunjukkan ciri khasnya yang mengandalkan serangan balik. Hingg peluit panjang berbunyi skor tetap 2-0 untuk Inggris dan mengantarkan Tiga Singa ke semifinal. Ini adalah semifinal pertama Inggris di piala dunia usai terakhir kali mereka mencatatkan pencapaian sama di Piala Dunia 1990 lalu.

(ysp/jpg)

Baca Juga