Beranda Olahraga

Kazan, Kuburan Sang juara

BERBAGI

Stadion Kazan Arena bakal memberi kenangan buruk bagi para pemain Brasil yang tampil di Piala Dunia 2018. Meng­usung target membayar kegagalan menjadi juara empat tahun silam, Selecao justru kembali menuai kega­galan.

Memang, keka­lahan kali ini tak seburuk yang mereka alami di kan­dang sendiri 4 tahun silam. Brasil memang tak kalah telak 1-7 seperti saat berte­mu Jerman di semifinal Piala Dunia 2014. Selecao hanya kalah tipis 1-2 dari Belgia yang tengah diperkuat generasi emas, Sabtu (7/7) dini hari kemarin.

Brasil tak harus berkecil hati. Sebab, Kazan Arena juga jadi kuburan bagi tim-tim besar dunia lainnya. Sebe­lumnya, Jerman sudah meng­alami nasib yang sama ketika tampil di Kazan Arena. Stadion inilah yang memastikan langkah Tim Panser di Piala Dunia 2018 harus terhenti.

Seperti halnya Brasil, kekalahan-lah yang membuat Jerman harus angkat kaki dari Rusia 2018. Mesut Ozil dan kawan-kawan di luar dugaan keok 0-2 dari Korea Selatan. Padahal, di atas kertas skuat besutan Joachim Low itu harusnya bisa meraih kemenangan dalam laga tersebut.

Menariknya, ada satu kesamaan yang didapat Jerman dan Brasil di Kazan. Menurut catatan FIFA, kedua tim peraih gelar terbanyak Piala Dunia tersebut sama-sama melakoni laga ke-109 di perhelatan terakbar sepak bola dunia ini. Dan akhirnya, keduanya harus angkat kaki usai bertanding di Kazan Arena.

Tak hanya Brasil dan Jerman, Argentina pun menjalani laga terakhir mereka di Piala Dunia 2018 di Kazan Arena. Di laga babak 16 besar, La Albi­celeste mengubur mimpi meraih kembali supre­masi tertinggi sepak bola dunia ini setelah kalah 3-4 dari Prancis.

Brasil, Jerman, dan Argentina tak akan bisa melupakan Kazan Arena. Karena di stadion itulah mereka harus meng­ubur mimpi menjadi yang terbaik di Piala Dunia.(adw/JPC)

Komentar Anda

Baca Juga