Beranda Olahraga

Juara Baru Favorit : Belgia

BERBAGI

Kesuksesan Belgia mengalahkan Brasil 2-1 di perempat final Piala Dunia kemarin (7/6) mengangkat pamor De Rode Duivels. Tren apik Belgia itu membuat mereka menjadi negara teratas yang berstatus non-juara untuk pecah telur.

Hampir semua rumah bursa sepakat kalau Eden Hazard dkk bisa mempersembahkan gelar juara perdana buat negerinya. Belgia hanya kalah favorit dari Prancis. Lawannya di semifinal Piala Dunia 2018 ini.

Pundit BBC Rio Ferdinand kemarin mengatakan, kemenangan atas Brasil ini membuat impian meraih juara bersama Generasi Emas terus menanjak. Meski sesungguhnya sejak Piala Dunia 2014 Brasil lalu, Generasi Emas Belgia ini sudah digadang-gadang ‘meledak’.

“Mereka (Belgia) menjawab kritik yang diberikan dengan cara yang sempurna. Cara bermain mereka menghadapi Brasil, lalu memulai pertandingan dan menggertak Brasil menunjukkan mereka tim yang bisa ‘mengigit’,” ucap Ferdinand. “Status mereka saat ini adalah tim yang harus dikalahkan,” tambah eks bek Manchester United itu.

Jika jelang perempat final lalu (5/6) status laga final favorit Piala Dunia 2018 versi William Hill adalah Brasil versus Inggris maka kemenangan Belgia kemarin mengubah konfigurasi itu.

Per kemarin menurut William Hill partai final ideal adalah Belgia lawan Inggris. Kedua tim pernah bertemu di matchday ketiga grup G pada 29 Juni lalu. Saat itu, Belgia menang 1-0 atas Inggris.

Nah, sebelum perempat final lalu rumah bursa William Hill menaruh koefisien cukup besar untuk partai final Belgia versus Inggris yakni 9,5. Artinya laga ini tidak cukup favorit untuk terealisasi.

Partai final Belgia lawan Inggris ini ada di bawah Brasil lawan Inggris (koefisien 6), Prancis lawan Inggris (6,5), Brasil lawan Kroasia (7,5), dan Kroasia lawan Prancis (8). Akan tetapi per kemarin koefisien itu bergeser ‘mengecil’ menjadi 4,5.

Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat Juergen Klinsmann kepada BBC juga menaruh impresi akan penampilan Belgia. Setelah Brasil, Prancis kemungkinan besar bisa ditekuk juga di semifinal.

“Kalian bisa melihat bagaimana spirit tim ini sangat luar biasa. Mereka sangat dekat antarpemain dan Roberto Martinez (pelatih Belgia, red) melakukan kerjanya dengan bagus sekali,” puji Klinsmann.

Keber­hasilan Belgia me­nem­bus se­mifinal ini berbanding lurus dengan mencuatnya nama Eden Hazard sebagai salah satu kan­didat pemain terbaik Piala Dunia 2018 ini.

Jika sebelum perempat final di posisi lima besar calon pemain terbaik versi William Hill tak ada nama pemain Belgia maka hal tersebut bergeser kemarin. Eden Hazard dan Kevin de Bruyne masuk ke lima besar.

Hazard dan De Bruyne menggusur dua pemain Brasil yang sebelumnya masuk bursa. Yakni, Neymar dan Philippe Coutinho.(dra)

Komentar Anda

Baca Juga