Beranda Ekonomi

Tekan Pembengkakan Konsumsi Tabung Melon

Gas melon 3 kg (dok.Radar Bogor )

JAKARTA–RADAR BOGOR,PT Pertamina (Persero) bersama pemerintah tengah mengkaji dua skema penjualan liquefied petroleum gas (LPG/elpiji) bersubsidi 3 kg. Tujuannya, tabung melon itu bisa benar-benar dinikmati golongan tidak mampu.

Skema pertama adalah meng­gunakan sistem distribusi tertutup, yakni melengkapi tabung gas dengan kode baris (barcode). Barcode tersebut akan disambungkan dengan sistem informasi dan teknologi untuk dicocokkan dengan barcode yang dimiliki masya­rakat tidak mampu. Skema kedua adalah mengintegrasi­kan pembelian elpiji bersub­sidi de nganbantuan sosial lain meng gunakan kartu keluarga sejahtera (KKS).

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelas­kan, penggunaan barcode itu ber­tujuan mengawasi dis­tri­bu­si tabung melon di masyarakat.

’’Jadi, ini kan sinergi juga. Kan ada beberapa produk yang diberikan kepada masyara­kat miskin kalau tidak salah Bu­log mengeluarkan kartu. Ka­mi juga bakal lakukan,’’ kata Nicke.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid memproyeksikan ada peralihan pengguna tabung melon dari kalangan mampu ke elpiji 3 kg nonsubsidi.

Pertamina memprediksi tabung pink 3 kg itu dapat me­ngambil pangsa pasar tabung melon 10–20 persen dari total konsumsi tabung melon saat ini.

’’Jadi, selama ini dia terpaksa membeli yang subsidi karena nonsubsidi tidak ada. Nah, nanti karena ada nonsubsidi, dia tidak membeli yang subsidi lagi,’’ terangnya.

Pihaknya mencatat terdapat pertumbuhan konsumsi tabung melon 5 persen hingga akhir Juni 2018 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun
lalu. Total konsumsi tabung melonpun diproyeksikan men­capai 6,6 juta metrik ton hingga akhir tahun. Tumbuh dari konsumsi tahun lalu yang hanya 6,3 juta ton metrik ton.

Proyeksi total konsumsi hingga 6,6 juta metrik ton itu juga melebihi kuota subsidi elpiji dalam APBN 2018 sebe­sar 6,45 juta metrik ton. Pemerin­tah terus melakukan upaya agar pembengkakan konsumsi tabung melon yang terjadi setiap tahun dapat ditekan.(vir/c14/sof)

Baca Juga