Beranda Olahraga

Nyaris Gagal ke Piala Dunia

BERBAGI

RUSIA–RADAR BOGOR,Kroasia yang sukses melangkah ke babak perem­pat final tidak disangka-sangka. Bisa dikatakan mere­ka bukanlah tim yang tidak diunggulkan pada Piala Dunia 2018.

Namun, kesuksesan Kroasia di Piala Dunia, membungkam mereka yang meragukan Luka Modric dkk.

Sebenarnya, Kroasia hampir gagal berkompetisi di Piala Dunia. Itu setelah mereka hanya menduduki peringkat ke­empat di babak kua­lifikasi.

Hanya saja, berkat semangat skuat Vatreni (julukan timnas Kroasia) mereka bisa lolos. Sejak saat itu tim asuhan Zlatko Dalic makin percaya diri menjalani fase demi fase.

Di babak perempat final, mereka bahkan harus berhadapan dengan tim kuat dan unggulan Denmark. Tetapi, Kroasia mampu melewat­inya meski laga harus berakhir dengan drama adu penalti.

” Laga saat itu bukan permainan terbaik kami. Banyak tekanan dalam laga itu,” ujar bek Kroasia, Domagoj Vida, seperti dilansir dari Fourfourtwo.
Dari catatan, Kroasia pertama kali manggung di Piala Dunia 2018 Prancis. Saat itu, Kroasia yang masih diperkuat Suker, sukses membuat kejutan. Mareka bahkan menjadi tim kuda hitam dan finis di urutan ketiga.

Selain itu, sang bintang, Davor Suker, dinobatkan sebagai top skorer dan berhak membawa pulang sepatu emas. Di Piala Dunia 1998, Kroasia bergabung di Grup H yang diisi tim-tim menakutkan, seperti Argentina, Jamaika, dan Jepang.

Yang paling mengejutkan, Kroasia sukses menyingkirkan Jerman di babak perempat final. Jerman harus pulang setelah dipermalukan Kroasia 0-3. Namun, Kroasia harus menelan pil pahit setelah kalah dari Prancis di babak semifinal.

Di perebutan juara ketiga, Kroasia sukses mengalahkan Belanda dengan skor tipis 2-1. Sekarang, Kroasia bertekad meraih tiket final Piala Dunia 2018 dan ingin mengulang kesuksesan seperti di Perancis.

Di babak perempat final, Minggu (8/7) dinihari WIB, Kroasia akan berhadapan dengan tuan rumah Rusia. “ Ini (melawan Rusia) ke­sem­patan emas sekaligus uji tanding dengan tim terhebat. Saya berharap tim bisa bermain bagus,” kata Davor Suker, yang juga Presiden Federasi Sepakbola Kroasia.(dkw)

Baca Juga