25 radar bogor

IPB Raih Penghargaan Mitra Kerja

Rektor IPB pada sebuah acara.
BANGGA: Rektor IPB Arif Satria menerima penghargaan kategori perguruan tinggi negeri dari Kemenristek di Jakarta, Kamis (5/7).

RADAR BOGOR,Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menerima penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI sebagai mitra kerja peneliti asing terbaik kategori perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Jawa.

Penghargaan tersebut disampaikan saat rakornas pertama Mitra Kerja Peneliti Asing 2018 di Hotel Sari Pacific Jakarta, Kamis (5/7). Trofi dan piagam penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Muhammad Dimyati didampingi Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual kepada Rektor IPB.

“Alhamdulillah, IPB kembali menorehkan prestasi dengan mendapatkan penghargaan sebagai mitra kerja peneliti asing terbaik menurut Kemenritekdikti, salah satunya penilaian terhadap jumlah output publikasi internasional bersama (joint authorship). Saya ucapkan terima kasih kepada peneliti IPB yang serius dan gigih dalam menjalankan kerja sama penelitian internasional yang ternyata luar biasa hasilnya. Prestasi ini perlu kita tingkatkan dan mari kita terus perkuat kerja sama internasional, ” ujarnya.

Arif berharap, ke depannya riset internasional yang dilakukan peneliti IPB dapat terus meningkat dan menghasilkan lebih banyak hasil yang bermanfaat bagi bangsa. “Tentu tidak hanya sekadar kerja sama, tetapi dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan bagi bangsa ini,” imbuhnya.

Penganugerahan penghargaan kekayaan intelektual diberikan kepada perguruan tinggi, lembaga litbang, dan para individual peneliti.

Adapun penghargaan sebagai mitra kerja peneliti asing terbaik kategori PTN di luar Pulau Jawa diberikan kepada Universitas Riau. Sedangkan kategori perguruan tinggi swasta diberikan kepada Universitas Nasional.

Anugerah tersebut diberikan dalam rangka mengapresiasi perguruan tinggi yang telah mengelola kerja sama riset internasional dengan baik sekaligus sebagai mitra peneliti asing.

Rakornas Mitra Kerja Peneliti Asing kali ini mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Kerjasama IPTEK Internasional: Isu-Isu Global, Kemitraan Strategis, dan Pembagian Manfaat.”

Dalam rangkaian Rakornas kali ini, juga dilakukan launching Sistem Aplikasi Virtual Meeting TKPIPA (SIVITA) oleh Muhammad Dimyati dan Deklarasi Forum Komunikasi Mitra Kerja Riset Internasional yang dipimpin perwakilan institusi mitra kerja.(*/ran/a)