25 radar bogor

Wilayah Indonesia Dilanda Suhu Dingin hingga 9 Derajat Celcius, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Suhu Dingin.
Ilustrasi Suhu Dingin.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Masyarakat di sejumlah daerah Indonesia sedang mengalami cuaca dingin pagi hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan ini disebabkan Indonesia mendapatkan pengaruh dari aliran massa dingin dari Australia yang menuju ke Asia pada Juli sampai Agustus 2018.

Hal ini dibuktikan di beberapa daerah seperti di Jakarta, pagi ini suhu mencapai 21 derajat celcius, sedangkan di Bandung sampai 15 derajat celcius. Daerah Lembang bahkan mencapai 9 derajat celcius dan di Malang, Jatim suhu mencapai 17 derajat celcius.

“Ada pengaruh Monsun Australia yang anginnya ini melewati Indonesia,” kata Kepala Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko kepada JawaPos.com, Jumat (6/7/2018).

Dirinya menuturkan, aliran massa dingin ini menyebabkan perubahan suhu di sejumlah wilayah Indonesia yang berada di sebelah selatan Khatulistiwa. “Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jabar, DKI, Jateng, Jatim, NTT, Bali,” terang dia.

Harry menerangkan penurunan suhu ini bila dirata-ratakan bervariasi di seluruh Indonesia. Dia mencatat angka yang terendah mencapai 5 derajat celcius seperti di wilayah dataran tinggi, seperti di Dieng.

“Pagi udara dingin, siang ada angin cukup kencang, dan sore dingin lagi, dan di laut ada gelombang tinggi. Bisa dirasakan juga saat mandi sore air terasa lebih dingin,” pungkasnya

Jadi, menurutnya tidak heran jika terjadi perubahan suhu yang cukup drastis. Namun, Harry meminta masyarakat tidak perlu khawatir atas perubahan suhu ini hal yang biasa setiap tahun.

“Ini masih dalam tataran normal di bulan Juli-Agustus. Jadi masyarakat persiapkan dirinya jika tidak kuat dengan cuaca dingin harap mengenakan pakaian yang hangat” terangnya. (ysp)