Beranda Olahraga piala dunia

Suarez: Kylian Mbappe Lebih Berbahaya dari Griezmann

BERBAGI
Penyerang muda Prancis Kylian Mbappe.

RADAR-BOGOR-Pusat perhatian jelang bentrok Uruguay vs Prancis dalam perempat final Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7) malam nanti, bukan Antoine Griezmann, tapi Jylian Mbappe.

Dia yang menentukan kemenangan Prancis atas Peru 1-0 pada matchday kedua fase grup (21/6). Brace (dua gol) Donatello -julukan Mbappe di klubnya Paris Saint-Germain- pun membalikkan ketertinggalan lawan Argentina (30/6).

Nah, setelah sukses mengantarkan Les Bleus -julukan Prancis- ke perempat final di Piala Dunia pertama Mbappe, akankah winger 19 tahun itu kembali jadi sensasi?

Kebetulan Uruguay sebagai lawannya di perempat final merupakan tim dengan defense terbaik di Piala Dunia 2018. “Mbappe, semuanya sudah paham siapa dia. Mbappe penyerang yang bagus. Tetapi, saya pikir kami memiliki pertahanan yang kuat untuk mengontrolnya (Mbappe),” koar Luis Suarez yang jadi motor serangan lini depan Uruguay, seperti dilansir Sky Sports.

Di Piala Dunia ini, La Celeste -julukan Uruguay- baru kemasukan satu gol.

Satu-satunya noda yang membuyarkan clean sheet Diego Godin dkk adalah saat menang 2-1 atas Portugal di 16 Besar dan gawang Fernando Muslera dijebol center back Portugal Pepe. Pelajarannya, bukan Cristiano Ronaldo sebagai bomber Portugal yang bisa jadi pemain pertama penakluk defense Uruguay.

Itu yang akan coba diulang kembali oleh skuad besutan Oscar Washington Tabarez itu ke Mbappe. ”Dia (Mbappe) lebih berbahaya ketimbang Griezmann,” tambah Suarez.

El Pistolero -julukan Suarez- tahu kualitas Griezmann karena sama-sama main di La Liga. Grizzi -julukan Griezmann- main di Atletico Madrid. Suarez bermain di Barcelona.

Sementara Mbappe yang dijuluki Si 37 setelah dua golnya lawan Argentina main di PSG. Dengan Mbappe yang beroperasi pada sisi kiri area pertahanan Uruguay, maka dia akan langsung head to head menghadapi Godin dan Diego Laxalt. Mereka harus mencegah Mbappe mencetak gol keempat di Piala Dunia pertamanya.

Dengan kemampuan versatile-nya, Didier Deschamps -tactician Prancis- tak hanya berpatokan pada posisi winger kanan saja untuk mengeksplorasi agresivitas Mbappe. Dia seperti dilansir ESPN bahkan sedang memikirkan untuk memberikan peran baru untuk Mbappe di laga ini.

Tak cuma menyisir di sisi kanan, Mbappe pun disebut Didi -sapaan akrab Deschamps- di laga itu bisa bermain di posisi nomor sembilan. Di Piala Dunia 2018, Olivier Giroud yang lebih sering jadi pilihan utama Deschamps. Meski, Giroud masih belum mencetak gol. ”Ini untungnya punya pemain yang bisa bermain di berbagai posisi,” klaim Deschamps.

Apalagi dengan tipikal tembok kokoh Uruguay Prancis butuh serangan yang lebih cair di lini depannya. ”Kami harap itu bisa jadi posisi terbaiknya,” lanjut pelatih dengan laga terbanyak di timnas Prancis itu.

Selain Mbappe, Griezmann juga bisa bermain di posisi sembilan. Entah di Prancis, atau di Atletico Madrid.  Kebetulan, dia bakal berduel dengan Godin, rekan setimnya di Los Rojiblancos -julukan Atletico.

Dikutip Sport24 pemain pengidola David Beckham itu sudah bisa menebak bentrok di lini belakang Uruguay melawan Godin. ”Jangan terlalu terpaku padanya (Mbappe), sebab itulah yang akan kami jadikan celah menembus pertahanan mereka,” demikian peringatan yang diucapkan Griezmann. (ren/ysp)

Komentar Anda

Baca Juga