Beranda Metropolis

Mobil Curhat Keliling Mal

 KONSULTASI: Pengunjung dan pegawai di BTM konsultasi dan curhat kepada para petugas dari Dinas Kesehatan, kemarin. (RANI/RADAR BOGOR)

BOGOR–RADAR BOGOR,Warga Bogor kini bisa kembali meluapkan curhatannya ke Mobil Curhat. Ya, sebuah mobil hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), itu kembali beroperasi di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bogor sejak Senin (2/7) lalu.

Kembali aktifnya Mobil Curhat merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-536 Bogor yang tertunda karena momen Ramadan dan Pilkada. Salah satu pelayanan­nya yakni pemeriksaan kesehatan gratis.

Koordinator Mobil Curhat Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erni Yuniarti mengatakan, mobil konseling dan peme­riksaan kesehatan warga itu akan berkeliling mal seluruh Kota Bogor, terhitung sejak Senin.

“Juli ini, kami fokus keliling mal Kota Bogor karena dalam rangka Hari Jadi Bogor,” ujar Erni kepada Radar Bogor, kemarin (4/7).

Kata Erni, biasanya Mobil Curhat hanya beroperasi pada Sabtu-Minggu di gelaran car free day atau pusat-pusat keramaian lainnya.

“Kalau dalam memperingati HJB ini, kami beroperasi setiap hari hingga 11 Juli sejak Senin (2/7) kemarin. Kami keliling seluruh mal dan setelah selesai di mal kami keliling pasar,” kata Erni.

Mal dijadikan sebagai tempat mangkal Mobil Curhat lantaran Dinkes Kota Bogor memperkirakan akan banyak masyarakat yang berkunjung ke pusat perbelanjaan modern tersebut.

Melalui Mobil Curhat ini, masyarakat yang berkunjung akan mendapatkan layanan pemeriksaan penyakit menular dan tidak menular, konseling gizi, dan konseling permasalahan keluarga.

“Kami tidak memberikan obat, hanya pemeriksaan. Namun, jika ada yang terdeteksi penyakit atau gizi buruk akan kami arahkan untuk dirujuk ke puskesmas dan memberikan pengetahuan bagaimana makan dengan gizi sehat,” kata Erni.(ran/c)

Baca Juga