Beranda Ekonomi

KPR Ditargetkan Tumbuh 14 Persen

(ilustrasi/ perumnas)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Bank Indonesia (BI) menargetkan pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) tahun ini berada di kisaran 13,47 persen hingga 14 persen. Pelonggaran aturan loan to value (LTV) diharapkan bisa mendongkrak kredit di segmen tersebut.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makro­prudensial Filianingsih Hen­darta mengatakan, pertum­buhan KPR melalui pelonggaran LTV dapat berkontribusi sebe­sar 0,04 persen terhadap PDB (produk domestik bruto) hingga akhir tahun. ’

’Sebab, masih ada ruang un­tuk pertumbuhan KPR dan sektor ini mempunyai efek pengganda yang besar terhadap perekonomian na­sional,” ujarnya di Bank Indonesia.
Hingga akhir Mei 2018, penya­luran KPR tumbuh sebesar 12,75 persen.

’’Tidak serta-merta target akan tercapai arti­­nya bank harus mem­per­siap­kan diri. Butuh waktu,” tegasnya. Dia mengung­kapkan, efek dari pelonggaran LTV yang berakibat pada turunnya uang muka tersebut baru akan terasa sembilan bulan kemu­dian. Artinya, pertumbuhan penya­luran KPR baru akan terdong­krak pada kuartal kedua 2019.

Berdasar data Bank Indonesia pasca-implementasi pelonggaran LTV pada Agustus 2016, terdapat kenaikan permintaan KPR.(vir/c17/sof)

Baca Juga