25 radar bogor

Kang Emil Ditelepon Jokowi

KOMPAK: Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama calon wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.
KOMPAK: Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama calon wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Hasil Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat memang belum ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dari versi hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei menyatakan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pasagan calon (paslon) pemenang.

Pasca penetapan itu Ridwan Kamil mengaku ditelepon oleh Presiden Jokowi. Telepon itu terkait pemberian ucapan selamat.

“Sudah dua kali ditelepon, mencucapkan selamat,” ujar Ridwan Kamil di kediaman Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di Jalan Raya Karangasem, Jakarta, Rabu (4/7).

Kendati mendapat selamat dari orang nomor satu di negara ini, wali kota Bandung itu mengaku, pembicaraannya dengan Jokowi tidak ada membahas soal dukungan di Pilpres 2019 mendatang.

“Cuma telpon untuk menyelamati, mengucapkan selamat,” katanya.

Diketahui Pilgub Jabar 2018 diikuti oleh empat paslon. Pasangan itu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Sudrajat-Ahmad Syaiku, TB Hasanudin-Anton Charliyan, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pada hasil hitung cepat paslon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mendapat suara 33,01 persen. Unggul dari pesaingnya Sudrajat-Ahmad Syaiku yang mendapat 28,47 persen.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, selama proses Pilgub Jabar dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan Jokowi.

Sementara itu untuk menyongsong Pilpres 2019, Kang Emil belum dapat memutuskan untuk mendukung Jokowi. Walaupun dalam pengusungan dirinya di Pilgub Jabar didukung oleh parpol pendukung Jokowi, seperti Hanura, NasDem, PKB, dan PPP.

“Kalau saya pribadi masih menunggu, karena kan belum jelas siapa yang akan maju. Jadi, tidak bisa melakukan sesuatu yang tidak tepat,” pungkasnya.(gwn/JPC)