Beranda Metropolis

Pelayanan e-KTP Kembali di Kecamatan

BERBAGI
LAMA:Antrean warga saat cetak KTP-el di Disdukcapil Kota Bogor, Selasa (3/7/2018). Tak sedikit orang tua yang membawa balita (Wulan/JPG)

BOGOR-RADAR BOGOR,Berdasarkan data Dinas Kepen­dudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, dari 740.678 warga wajib memiliki e-KTP. Sementara, 711.051 jiwa telah melakukan perekaman. Kepala Bidang Data dan Informasi, Agus Supriatna menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri melalui dana alokasi khusus memberi jatah 32 ribu KTP. Setelah lelang tinta, terhitung sampai 13 Juni 2018 sudah 8.000 e-KTP yang dicetak.

“Antusiasme masyarakat untuk memiliki KTP elektronik yang berlaku seumur hidup memang tinggi. Untuk hari ini sangat membeludak, kami perkirakan kurang lebih 1.000 orang,” ujarnya.

Pantauan Radar Bogor di lokasi, antrean warga mengular dari kantor Disdukcapil, Jalan Achmad Adnawijaya hingga mencapai satu kilometer. Ekor antrean dengan nomor urut 900 masih belum kebagian nomor antrean berada meluas hingga Jalan Destarata Raya.

Sebelumnya, kata Agus, Disdukcapil memberi solusi permasalahan antrean pencetakan. Warga diimbau berkoordinasi dengan RT/RW setempat dengan cara dikolektif.

“Jadi, yang bersangkutan tak perlu datang ke sini langsung. Silakan dikolektifkan pak RT dengan menyerahkan suket yang asli,” ajaknya. Disdukcapil terus berupaya mencetak dengan melibatkan pegawai lembur. Hari ini saja, kata dia, lebih dari 600 nomor antrean dibagikan. Hanya, untuk menuntaskan itu semua, pihaknya memiliki keterbatasan. Mulai dari peralatan, personel, waktu, dan jam kerja. Pencetakan sendiri dilakukan sejak pagi hingga sore, sementara pengambilan sampai malam hari pukul 21.00.

Kepala Disdukcapil Dody Ahdiat mengatakan, segera menindaklanjuti arahan pelayanan yang terbaik terhadap pencetakan e-KTP. Pihaknya memutuskan, pada Rabu (4/7), pelayanan pendaftaran cetak e-KTP dilaksanakan di kantor kecamatan.

Syaratnya, kata dia, melampirkan fotokopi KK, surat keterangan (suket) asli. Melampirkan KTP rusak bagi warga yang melakukan pergantian KTP. Begitu juga bagi yang KTP-nya hilang, harus disertai surat kehilangan dari kepolisian.

“Nantinya hasil pencetakan e-KTP didistribusikan ke kelurahan maksimal 14 hari kerja,” katanya.(don/c)

Baca Juga