Beranda Olahraga piala dunia

Drama Adu Penalti Antarkan Inggris ke Perempat Final

Momen ketika pemain Timnas Inggris menang adu penalti atas Kolombia.

RADAR BOGOR-Hasil positif diraih Timnas Inggris pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Menghadapi Kolombia di Stadion Otkrytiye Arena, Moskow, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB, Inggris sukses menyingkirkan lawannya lewat drama adu penalti.

Sebelumnya, kedua tim imbang 0-0 sepanjang babak pertama. Meski banyak peluang, kedua kubu sama-sama gagal menciptakan gol hingga turun minum.

Tapi di awal paruh kedua, Inggris langsung bisa mencetak keunggulan. Diawali dari pelanggaran Carlos Sanchez pada area terlarang, wasit kemudian memberi hadiah penalti untuk armada The Three Lions.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor sukses mejalankan tugasnya. Striker Tottenham Hotspur itu membawa Inggris memimpin di menit 57.

Berbagai cara dilakukan Kolombia agar bisa menyamakan kedudukan. Situasi tersebut mempengaruhi jalannya tensi pertandingan.

Setidaknya hingga waktu normal berakhir, wasit sampai mengeluarkan tujuh kartu kuning yang lima di antaranya didapat skuad Kolombia.

Namun penantian David Ospina Cs akhirnya membuahkan hasil di masa injury time babak kedua. Tepatnya menit 90+3, skor berbah 1-1 berkat sundulan Yerry Mina.

Bek Barcelona itu sukses memanfaatkan umpan sepak pojok dari Juan Cuadrado. Hasil imbang ini memaksa Inggris untuk melanjutkan laga ke babak tambahan waktu.

Namun dalam tempo 2×15 menit tak ada gol yang dicetak oleh masing-masing kesebelasan. Laga akhirnya berlanjut ke drama adu penalti dan di momen inilah dewi keberuntungan berpihak pada Inggris.

Dari lima eksekutor, hanya Jordan Henderson yang tendangannya mampu diblokir oleh Ospina. Sementara sisanya yakni Harry Kane, Marcus Rashford, Kieran Trippier, dan Eric Dier berhasil menyarangkan si kulit bundar dari titik putih.

Di lain pihak, hanya tiga penendang Kolombia yang mampu menjalankan tugasnya. Radamel Falcao, Juan Cuadrado, dan Luis Muriel bisa menaklukkan penjagaan Jordan Pickford.

Sementara Mateus Uribe dan Carlos Bacca gagal memaksimalkan perannya sebagai algojo penalti.

Dengan hasil ini, Inggris berhak melengkapi delapan kontestan di fase perempat final. Nantinya mereka akan bertarung melawan Swedia, 7 Juli 2018 mendatang. (ysp)

Baca Juga