Beranda Berita Utama

Video Detik-detik Gunung Agung Meletus, Hutan Sekitar Kawah Terbakar

BERBAGI
Kondisi saat Gunung Agung meletus Senin (2/7/2018).

BALI-RADAR BOGOR, Gunung Agung meletus secara eksplosif disertai dentuman dan lontaran lava pijar, pada pukul 21.04 WITA, Senin malam (2/7/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyatakan letusan pada Senin malam dibarengi dengan ledakan keras.

“Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar,” kata Sutopo dalam siaran resminya.

Gunung Agung Erupsi Lagi, Semburkan Lava Pijar Sejauh 2 Kilometer

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat letusan ini memicu kolom abu berwarna kelabu setinggi ± 2.000 meter di atas puncak (± 5.142 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Menurut Sutopo, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 7 menit 21 detik. Dia menyebut erupsi terjadi secara Strombolian dengan suara dentuman.

“Erupsi bersifat eksplosif melontarkan batu pijar karena ada tekanan dari dalam kawah. Sifat magma yang lebih cair dibandingkan letusan tahun lalu juga menyebabkan mudahnya terjadi lontaran batu pijar,” kata Sutopo.

Dia mencatat lontaran lava pijar teramati keluar kawah Gunung Agung mencapai jarak 2 km dari puncak. “Hutan di sekitar puncak kawah Gunung Agung terbakar sehingga api menyala cukup besar di beberapa bagian,” ujar Sutopo.

Dia menyatakan relawan Pasebaya melaporkan bahwa lontaran lava pijar dari puncak Gunung Agung menuju lereng bagian timur hingga timur laut di daerah Culik dan Dukuh di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Selain itu, lontaran lava pijar juga mengarah ke bagian barat dan selatan puncak Gunung Agung.  “Akibatnya hutan di puncak kawah terbakar cukup luas,” kata dia. (ysp)

Berikut video detik-detik Gunung Agung meletus :

 

Komentar Anda

Baca Juga