Beranda Olahraga piala dunia

Unggul Jumlah Pemain, Swedia Susah Payah Taklukkan Swiss

BERBAGI
KETAT: Bek Swiss Valon Behrami berupaya untuk menghentikan pemain Swedia Emil Forsberg (FIFA.com)

SAINT PETERSBURG-RADAR BOGOR,Kedua tim datang ke Rusia dengan status kuda hitam. Namun, hasil di lapangan membuktikan status tersebut tak menunjukkan sisi inferior kedua kubu. Justru kedua tim mampu menunjukkan jati diri sebagai tim yang pantas tampil di babak 16 besar.

Bermain di Saint Petersburg Stadium, Selasa (3/7) malam, kedua tim pun langsung menunjukkan permainan yang berorientasi menyerang. Swedia yang cukup solid dalam bertahan tetap menunjukkan naluri menyerang yang tinggi.

Bahkan peluang terbaik pertama di laga ini didapat Swedia pada sekitar menit ke-7. Namun tendangan Berg masih bisa diblok barisan pertahanan Swiss. Begitu pula dengan sepakan keras Ekdal yang hanya melambung ke atas gawang Sommer.

Swiss merespons tekanan Swedia dengan memainkan umpan-umpan pendek. Secara perlahan mereka memberikan tekanan dari lini ke lini. Namun, belum ada peluang apik yang mampu mereka ciptakan hingga separuh babak dilalui.

Swedia kembali mendapat peluang emas sekitar menit 26. Namun, lagi-lagi Sommer tampil gemilang. Tendangan first time pemain Swedia mampu diblok dengan menggunakan ujung jarinya. Gawang Swiss untuk sementara masih aman.

Satu hal yang menarik dalam laga ini adalah Swiss sangat unggul dalam penguasaan bola. Hingga menit 30, skuad asuhan Vladimir Petkovic ini mampu menguasai 67%. Namun tak berbanding lurus dengan peluang yang mereka dapatkan.

Swiss sendiri punya kesempatan terbaik pada menit 38. Permainan umpan 1-2 antara Dzemaili dengan Behrami membuka ruang tembak yang cukup luas di area pertahanan Swedia. Sayang tembakan Dzemaili hanya melintas di atas mistar Olsen.

Swedia akhirnya menyudahi perlawanan Swiss lewat Emil Forsberg. Striker RB Leipzig itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tendangnanya membentur pemain belakang Swiss dan berubah arah membuat kiper Sommer pun terpedaya.

Swiss terpaksai bermain dengan 10 pemain di injury time babak kedua usai Michel Lang di kartu merah wasit. Skor 1-0 untuk Swedia bertahan hingga peluit panjang.

(ysp/goa/jpg)

Komentar Anda

Baca Juga