Beranda Nasional

Kronologis Tenggelamnya KM Lestari Maju,  Angkut 139 Orang, 18 Motor, dan 32 Mobil

BERBAGI
Sejumlah kendaraan yang hanyut ke perairan setelah KM Lestari Maju karam di peraian Selayar.

SULSEL-RADAR BOGOR, Kapal feri KM Lestari Maju yang karam di perairan Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) siang saat ini masih dalam proses evakuasi.

Dari informasi yang diperoleh, kronologis tenggelamnya kapal berawal saat kapal berangkat dari Pelabuhan Bira Bulukumba dengan tujuan  Pelabuhan Pamatata Selayar, sekitar pukul 10:00 Wita.

Sekitar pukul 13.40 Wita, kapal mengalami masalah air masuk ke dek lantai bawah saat berada di tengah laut, sehingga kapal merapat ke Pantai Pabbadilan Desa Bungayya, Kecamatan Bontomatene, Kepulauan Selayar.

Lagi! Kapal Penyeberangan Tenggelam, Kali Ini di Kepulauan Selayar. Ini Foto-fotonya!

Penumpang yang selamat sementara dievakuasi ke pantai tersebut. Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun, manifest kapal ini berisi 139 orang, 18 motor, dan 32 mobil.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa kapal tersebut tenggelam saat berlayar menuju Kabupaten Selayar.

Video Detik-detik Tenggelamnya KM Lestari Maju di Kepulauan Selayar, Penumpang Panik

“Diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Sejauh ini, Basarnas Bulukumba sedang menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Sementara BPBD membantu penanganan dan melakukan pendataan.

“Korban jiwa masih dalam pendataan. Kerugian materil sementara 1 unit kapal dan kendaraan yang diangkut,” tukasnya. (ysp)

Baca Juga