Beranda Metropolis

300 RT Lolos Tahap Pertama

BERBAGI
ilustrasi bogorku bersih

BOGOR–RADAR BOGOR,Penilaian dan verifikasi peserta Lomba Bogorku Bersih 2018 telah berakhir. Dari 608 peserta lomba kebersihan antar-RT yang didatangi dan dinilai oleh 28 tim monitoring, hanya 300 peserta yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Ketua Panitia Bogorku Bersih 2018, Muhammad Indra menuturkan, di tahapan kedua nanti persaingan peserta akan semakin ketat. Sebab, penilaian akan semakin mengerucut. Peserta juga diharapkan sudah mengerti bagian apa saja yang akan dinilai oleh tim monitoring.

“Selain kebersihan lingkungan, partisipasi warga untuk ikut andil dalam menciptakan keber­sihan juga sangat berpe­ngaruh kepada nilai yang diberikan,” ujarnya.

Indra membeberkan, dalam penilaian lomba kebersihan antar-RT, ada beberapa indikator yang akan dinilai oleh tim monitoring. Antara lain, keindahan dan keasrian lingkungan, inovasi dan kreativitas warga, pemanfaatan ruang secara efektif dan efisien, serta kebersihan sanitasi lingkungan.

“Pengolahan sampah mandiri seperti pemanfaatan lubang resapan biopori, komposer, TPS 3R dan bank sampah juga menjadi salah satu indikator yang akan dinilai,” bebernya.

Dia menambahkan, proses penilaian Bogorku Bersih tahap pertama sebelumnya sedikit panjang lantaran berbenturan dengan bulan Ramadan dan Pilwalkot Bogor. Akan tetapi, tahapan lomba kebersihan antar-RT masih on the track dan hasil akhirnya akan diumumkan pada Desem­ber 2018 nanti.

“Diban­dingkan tahun-tahun sebelumnya, tahapan Bogorku Bersih tahun ini memang lebih panjang. Diharapkan, warga dan RT mempunyai waktu lebih untuk melengkapi kekurangan yang ada,” ucapnya.

Adapun proses penilaian tahapan kedua Bogorku Bersih 2018 akan dimulai pekan ini. Sebanyak 28 tim monitoring akan kembali mengecek kondisi lingkungan para peserta. Diharapkan, apa yang menjadi bahan koreksi di tahap pertama bisa dibenahi.

Sementara itu, untuk peserta lomba kebersihan antarsekolah, dari 161 sekolah yang diverifikasi, hanya 106 sekolah yang berhak ikut lomba. Sedangkan pada lomba kebersihan kegiatan usaha pusat perbelanjaan, pasar tradisional, bank sampah, desain fasilitas pengelolaan sampah, kelurahan, dan TPS 3R, jumlah pesertanya masih sama dengan jumlah awal saat pengumuman.

Untuk info lebih lengkap mengenai tahapan lomba dan peserta yang berpartisipasi dalam Bogorku Bersih 2018, bisa didapatkan langsung dengan mengunjungi sekre­tariat Bogorku Bersih di Graha Pena, Jalan KH Abdullah bin Nuh, atau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor. Bisa juga menghubungi admin Bogorku Bersih, Dita di 0895325688648 atau Indra 085398135830.(*)

Komentar Anda

Baca Juga