Beranda Olahraga piala dunia

Simpan Pemain Inti, Jepang Keok dari Polandia

MENANG PERTAMA: Pemain Polandia merayakan gol yang diciptakan Bednarek (FIFA.com)

VOLGOGRAD-RADAR BOGOR, Samurai Biru yang terus menyerang secara agresif dari kedua sisi sayap berkali-kali menemui jalan buntu kalam menjamu Polandia di . Beberapa serangan mereka bisa dimentahkan oleh kiper Lukasz Fabianski.

Polandia yang terus menggedor lewat Robert Lewandowski dan Kamil Grosicki juga masih belum bisa memerawani gawang Eiji Kawashima. Satu tandukkan keras Grosicki hampir saja membuahkan poin untuk Polandia, kalau saja Kawashima tidak melakukan penyelamatan heroik.

Jan Bednarek membuka mimpi buruk Jepang. Gol yang dicetaknya di menit 59 membuat Polandia sementara unggul 1-0 atas Samurai Biru.

Berawal dari tendangan bebas Rafal Kurzawa yang melesak masuk ke jantung pertahanan Jepang, Bednarek tanpa ragu langsung melepaskan tendangan voli.

Tendangan keras Bednarek tak dapat dihalau kiper Eiji Kawashima. Para pemain Jepang pun hanya bisa melongo melihat Polandia bersukacita atas gol perdana mereka di Piala Dunia 2018.

Sebelum gol Bednarek terjadi, Jepang sempat membuka peluang lewat tembakan salto Tomoaki Makino beberapa saat setelah situasi sepak pojok masih menyamping dari gawang Fabianski.

Mimpi buruk Jepang bisa bertambah apabila tendangan Lewandowski yang menyambut umpan silang Grosicki tak melambung jauh di atas mistar Kawashima. Makino juga hampir menjadi pesakitan. Bek Urawa Red Diamondss nyaris mencetak gol bunuh diri saat menghalau umpan silang Grosicki, beruntung Kawashima sigap.

Peluit meniup peluit panjang, Jepang kalah dari Polandia yang meraih poin perdana di piala dunia kali ini. Walau menelan kekalahan, Jepang tetap lolos ke 16 besar sebagai runner up setelah di pertandingan lain Senegal kalah dengan skor sama. Sama selisih gol, Jepang lolos berkat fair play, dimana Samurai Biru mengoleksi 4 kartu kuning, sementara Senegal enam.

(ysp/goa/jpg)

Baca Juga