Beranda Nasional

Kawal Hasil Pilkada Papua, 2 Polisi dan Seorang Camat Tewas Ditembak KKB

BERBAGI
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

PAPUA-RADAR BOGOR, Dua anggota polisi dan seorang camat tewas diserang kelompok kriminal bersenjata saat sedang membawa hasil rekapan suara Pilkada Gubernur Papua di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Rabu (27/6/2018) sore.

Kejadian berawal saat rombongan sembilan anggota kepolisian dan camat yang bertugas di Distrik Hulu akan kembali ke Distrik Torere menggunakan speedboat.

Namun dalam perjalanan, rombongan ditembak secara brutal oleh kelompok kriminal bersenjata yang diduga telah mengintai mereka sebelumnya.

Akibatnya, dua anggota polri dan satu warga sipil yakni seorang camat tewas diterjang peluru KKB, sedangkan 3 lainnya masih hilang dan 4 selamat.

Aksi penghadangan dan penembakan berawal saat mereka akan kembali usai mengawal pencoblosan di TPS Douw 2 Distrik Muara Hulu ke Distrik Torere Kabupaten Puncak Jaya dengan menggunakan 2 buah speedboat.

Kapal pertama membawa masyarakat dan kapal kedua membawa muatan kepala Distrik Torere bersama 9 anggota dari Polres Puncak Jaya.

Saat melintas di Distrik Torere terjadi penghadangan oleh kelompok KKB dari darat pinggir tebing sungai terhadap rombongan.

Speed pertama yang ditumpangi masyarakat berhasil lolos sedangkan speed yang ditumpangi kepala Distrik Torere bernama Obaja Fruaro bersama anggota PAM mendapat tembakan dari darat dan mengenai korban kepala Distrik dan 2 anggota Polisi.

“Saat ini korban meninggal dunia sudah berada di Polsek Dow atas nama Obaja Froaro, Kepala Distrik Torere, Ipda Jesayas H . Nusi, Kbo Binmas Polres Puncak Jaya dan Brigpol Sinton Kabarek, Ba Sat Sabara Polres Puncak Jaya,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad M Kamal, Kamis (28/6/2018).

Adapun anggota yang selamat yakni Bripka Maks Anjonderin, Brigpol Steven Auparay, Bripda Daniel Tambunan dan Bripda Firmansa.

“Sementara 3 anggota yakni Brigpol Yusuf Toding, Brigpol Mulyadi dan Briptu Petrus Imbiri hingga saat ini belum ditemukan,” ujarnya.

Pada kejadian itu dua pucuk senjata hilang. Yaitu 1 pucuk senjata SS1 dan 1 pucuk senjata AK 101.

Distrik Torere merupakan wilayah kabupaten Puncak berbatasan dengan distrik Douw Kabupaten Memberamo Raya yang sedang melaksanakan Pilkada Gubernur Papua dan Pilkada Bupati setempat. (ysp)

Komentar Anda

Baca Juga