25 radar bogor

Jadi Juara Grup E, Brasil Masuk Bagan Neraka Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Ekspresi bintang Brasil Neymar, setelah gagal mencetak gol ke gawang Serbia.
Ekspresi bintang Brasil Neymar, setelah gagal mencetak gol ke gawang Serbia.

RADAR BOGOR-Brasil akhirnya memastikan diri menjadi juara Grup E Piala Dunia 2018, usai menang atas Serbia di matchday terakhir grup, Kamis (28/6) dini hari WIB.

Dengan kemenangan itu, Selecao mengoleksi tujuh poin hasil dua kemenangan dan satu seri. Sedangkan runner-up grup menjadi milik Swiss dengan lima poin sekaligus mendampingi Brasil lolos ke 16 Besar.

Pahlawan Brasil saat mengalahkan Serbia bukan Neymar maupun Coutinho melainkan Paulinho dan Thiago Silva. Kedua pemain itu mencetak gol pada menit 36 dan 68. Bagi Brasil, dalam 13 Piala Dunia terakhir secara beruntun, mereka selalu lolos dari fase grup yakni sejak 1970. Terakhir kali Brasil tak lolos dari fase grup di Piala Dunia 1966.

Swiss sendiri pada laga terakhir fase grup hanya bermain imbang 2-2 kontra Kosta Rika. Namun, itu sudah cukup mengingat Serbia kalah dari Brasil.

Di 16 Besar, Brasil akan menghadapi runner-up Grup F, Meksiko. Ini menjadi duel yang seru karena kedua tim bisa dibilang rival dalam turnamen besar, termasuk Piala Dunia. Terakhir kali Brasil dan Meksiko bertemu di Piala Dunia pada edisi 2014 lalu. Kala itu, keduanya berada di grup yang sama dan duel mereka berakhir imbang tanpa gol. Di Piala Dunia, Brasil belum pernah kalah dari Meksiko.

Hanya saja, di ajang besar lainnya seperti Piala Konfederasi, Copa America, dan Piala Emas, Brasil pernah tersandung oleh Meksiko. So, laga nanti dipastikan akan seru dan panas.

Di 16 Besar ini, Brasil masuk bagan neraka menuju final. Ya, Neymar cs berada di sisi kiri delapan tim menuju final. Di sisi ini, Brasil bergabung bersama Uruguay vs Portugal, Prancis vs Argentina dan juara Grup G (Inggris atau Belgia) vs runner-up Grup H (Senegal, Jepang atau Kolombia). Dahsyat!

Sementara itu, Swiss sebagai runner-up Grup E akan meladeni juara Grup F, Swedia. Kedua tim sudah kerap bertemu. Namun, di Piala Dunia baru akan pertama kalinya.

Dibanding bagan milik Brasil, Swiss terbilang mendapat sisi yang lebih enak. Di bagan tempat Swiss ada Spanyol vs Rusia, Kroasia vs Denmark dan juara Grup H (Senegal, Jepang atau Kolombia) versus runner-up Grup G (Inggris atau Belgia). (ysp)