Beranda Nasional

Pilkada Makassar, Kotak Kosong Kalahkan Pasangan Appi-Cicu

Pasangan Munafri Arifuddin dan Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) sementara dikalahkan oleh kotak kosong di Pilwalkot Makassar.

MAKASSAR-RADAR BOGOR, Fenomena menarik terjadi di Pilkada Kota Makassar. Pasangan Munafri Arifuddin dan Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) sementara dikalahkan oleh kotak kosong. Ini terlihat dari hasil Quick Count Celebes Research Center (CRC) di Ballroom Sheraton hotel, Kota Makassar, Rabu (27/6/2018).

Dari pantauan, kotak kosong masih memimpin Pilwalkot Makassar dengan suara 51,93% mengalahkan pasangan Appi-Cicu yang memiliki 48,07% dari 25% data yang masuk pada pukul 15.07 Wita,  dengan tingkat partisipasi pemilih 59%.

Melihat fenomena itu, pengamat politik, Sukri Tamma mengatakan bahwa hasil itu tidak akan jauh beda dengan penghitungan manual yang akan dilakukan oleh KPU.

“Tentu kita tetap menunggu hasil akhir yang ditetapkan KPU, meski memang hasil quick count yang dirilis oleh lembaga terpercaya biasanya tidak akan berbeda jauh,” kata Sukri, Rabu (27/06/2018).

Sukri menjelaskan, dengan capaian ini, dirinya memastikan, kampanye Kotak Kosong sebelum pencoblosan memang sangat terukur dilakukan oleh simpatisan yang dikenal dengan nama relawan kolom kosong.

“Data yang ada saat ini dapat dikatakan bahwa gerakan dukung kotak kosong sangat kuat. Tapi tetap saja kita menunggu,” ujarnya. (ysp)

Baca Juga