Beranda Metropolis

Melihat Persiapan Wisuda Mahasiswa FISIB Unpak

KOMPAK: Puluhan mahasiswa FISIB Unpak bersama dengan para dosen berkumpul bersama usai kegiatan pembekalan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) akan kembali mewisuda sebanyak 91 mahasiswanya hari ini (26/6).

Untuk itu, para calon wisudawan terlebih dahulu diberi pembekalan agar siap menghadapi dunia kerja, sekaligus upacara pelepasan di lantai 10 Graha Siliwangi, Unpak, Sabtu (23/6).

Dekan FISIB Universitas Pakuan, Agnes Setyowati menjelaskan, pembekalan berupa seminar ini merupakan tradisi baru Unpak yang sudah dilakukan sekitar dua tahun silam.

Seminar bertajuk ’Grooming for Success’ itu dimulai sejak pagi hingga siang hari, kemudian dilanjut upacara pelepasan mahasiswa hingga sore hari.

”Dalam grooming itu dibekali utamanya mengenai soft skill bagaimana ketika nanti mereka memasuki dunia kerja. Diisi dengan dua narasumber dari luar,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Pembekalan itu memang sebagai upaya Unpak untuk menjadikan para calon wisudawan matang melenggang ke dunia kerja. Menurut Agnes, kemampuan nonteknis (soft skill) menjadi bagian terpenting selain kemampuan teknis (hard skill). Pasalnya, hasil penelitian menyatakan, faktor yang paling memengaruhi kesuksesan antara lain kejujuran, disiplin, gaul, dan lain-lain.

”Kemampuan teknis yang hard skill-nya juga harus diasah. Tapi, penentu kesuksesan itu adalah soft skill,” terangnya.

Kerap kali mahasiswa kebingungan menentukan langkah usai keluar dari kampus. Maka, selain memberikan pembekalan, Unpak juga sering kali menggelar bimbingan karier dan bursa kerja.

Sebanyak 91 mahasiswa FISIB Universitas Pakuan itu nantinya akan diwisuda bersama ribuan mahasiswa Universitas Pakuan lainnya di Aula Braja Mustika, Kecamatan Bogor Barat, Selasa (26/6). ”Tadinya mau Rabu tanggal 27, tapi jadi tanggal 26 karena Rabu bentrok pencoblosan,” kata Agnes. (fik/c)

Baca Juga