Beranda Olahraga piala dunia

Imbang Lawan Spanyol, VAR Rampas Kemenangan Maroko

BERBAGI
DUEL: Bek Spanyol Gerard Pique berduel dengan pemain Maroko (FIFA.com)

KALININGARD-RADAR BOGOR,Momen saling berbalas gol hadir dalam 20 menit pertama laga Spanyol melawan Maroko di Stadion Kaliningrad, Selasa (26/6) dini hari WIB. Pertama yakni lahirnya gol Maroko melalui Khalid Boutaib. Namun, Spanyol membalas lewat gol Isco.

Sejak awal laga, duel Spanyol melawan Maroko memang langsung sengit. Meski laga dominasi Spanyol yang mengandalkan permainan cepat dengan umpan-umpan pendek, Maroko tetap mampu tampil menyengat.

Beberapa kali aksi individu para pemain Maroko memaksa bek serta gelandang Spanyol berjibaku. Bahkan, satu insiden sempat memicu protes keras para pemain Meksiko kala Boutaib ditekel dua kaki oleh bek Spanyol, Gerard Pique.

Kala itu, wasit Ravshan Irmatov asal Uzbeistan bahkan tak mengeluarkan kartu dan memberi pelanggaran untuk Maroko. Berselang 10 menit setelah insiden itu, Boutaib membayar perlakuan Pique dengan mengoyak gawang Spanyol kawalan David De Gea.

Diawali kesalahan komunikasi antara Andres Iniesta dan Sergio Ramos, Boutaib merebut bola dan berlari leluasa ke arah gawang. Meski coba dikejar Pique, Boutaib tetap mampu mencetak gol dengan cara menyepak bola mengolongi sela kaki De Gea.

Gol itu membuat Spanyol tersentak. Mereka kian semangat menekan hingga gol balasan bisa diciptakan pada menit ke-19. Kali ini Iniesta mempertontonkan magis-nya dengan menerobos kotak penalti dan memberi umpan matang kepada Isco. Tanpa kawalan, Isco menceploskan bola ke gawang dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Dua gol dalam tempo kurang dari 20 menit membuat laga semakin sengit. Jual beli serangan tersaji. Spanyol tetap tampil dominan, tapi Maroko sekali-kali mampu melepaskan serangan balasan yang membahayakan gawang De Gea. Sampai setengah jam laga berjalan, skor 1-1 tak berubah.

Tembakan keras Amrabat dari tepi kotak penalti di menit 56 membentur tiang gawang dan memantul kembali ke depan gawang yang membuat De Gea terpaku. Sayang, bola masih belum menemui sasaran.

Meski menguasai bola, namun Spanyol masih belum memberikan ancaman nyata ke gawang Maroko sejak turun minum.

Spanyol terus terusan menekan jantung pertahanan Maroko. Umpan silang Carvajal disambut sundulan Isco yang mengarah ke gawang, namun bola berhasil digagalkan Saiss tepat digaris gawang. Sepak pojok pun gagal dikonversi menjadi gol. Pique yang menyambut bola lewat tandukan tidak menemui sasaran. Peluang terbuang percuma.

Maroko berbalik unggul. Mendapat sepak pojok pertama. En-Nesyri berhasil menanduk bola yang menghujam gawang Spanyol. De Gea harus menyaksikan gawangnya kembali terkoyak di laga ini.

Spanyol menyamakan angka lewat Iago Aspas. Sempat dianulir karena offside, wasit akhirnya mensahkan gol tersebut usai melihat  tayangan VAR. Ini tentu diprotes para pemain Maroko. Wasit tetap pada pendiriannya. Laga pun berakhir imbang

(ysp/goa/jpg)

Komentar Anda

Baca Juga