Beranda Ekonomi

Trafik Data Melonjak 95 Persen

FOTO: Ilustrasi XL PENGECEKAN: Teknisi XL Axiata siaga dengan terus melakukan pengecekan jaringan.

JAKARTA–RADAR BOGOR,PT XL Axiata melalui masa krusial selama libur Lebaran, mulai 8 hing­ga 17 Juni lalu. Dalam rentang waktu 10 hari tersebut, trafik penggunaan layanan data XL Axiata mengalami lonja­kan dibanding hari-hari biasa dan dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30 persen diban­ding hari biasa dan 95 persen dibanding tahun lalu. Sedang­kan khusus trafik layanan 4G, naik hingga 45 persen.

“Kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data menjadi salah satu faktor pendorong lonjakan trafik,” ujar Yessie.

Lebaran, kata dia, memang selalu menjadi momen yang krusial bagi XL sebagai penye­dia layanan data dan teleko­munikasi. Prioritas utamanya memastikan kenyamanan pelanggan, tidak hanya di jalur mudik tetapi tempat kebe­rangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, terminal bus, dan rest area.

Kenaikan trafik data di Lebaran kali ini, menurut Yessie, merupakan kelanjutan dari tren kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama.

Selain itu, kenaikan trafik juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data. Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi antara lain oleh trafik data streaming (video dan musik) mencapai 47 persen.

“Seiring semakin meningkat­nya kualitas dan perluasan jaringan data berkualitas seperti 4G LTE, pelanggan semakin nyaman mengakses layanan streaming,” jelasnya.

Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, instant messaging 13 persen, dan media sosial (medsos) 12 persen. Sementara itu, untuk layanan VoIP naik 20 persen.

Bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon. Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran.(mer/b)

Baca Juga