Beranda Olahraga piala dunia

Tak Perlu Sewa Hotel

REUTERS
MERIAH: Pendukung timnas Meksiko meluapkan kegembiraannya saat timnya bisa mencetak gol.

MOSCOW–RADA BOGOR,Pemerintah Rusia membuat beragam kebijakan menarik selama Piala Dunia 2018. Bebas visa selama sepuluh hari sebelum kickoff sampai sepuluh hari setelah final untuk pemegang FAN ID, itu adalah yang utama.

Namun, yang tak kalah asyik, fan bisa pergi berkeliling sebelas kota penyelenggara dengan menumpang kereta secara gratis. Kebijakan ini melengkapi aturan yang membebaskan pemegang FAN ID untuk naik kereta bawah tanah, The Metro Moscow, sepuas-puasnya pada hari pertandingan.

Hal itu yang dilakukan dua penggemar asal Tiongkok, Luo Liyang dan Yang Zhao. Mereka adalah karib yang datang dari Chongqing, kota yang berada di sebelah barat daya Tiongkok.

Luo mengatakan, mereka tidak memesan hotel selama di Rusia. Setelah mendapat tiket pertandingan dan selesai mengurus FAN ID, mereka merancang perjalanan dengan memesan kereta api antar kota via online jauh-jauh hari. Keduanya bahagia karena Kementerian Transportasi Rusia menggratiskan kereta antarkota bagi para pemegang FAN ID. ”Jadi memang bisa sangat berhemat,” ucap Luo, yang berusia 26 tahun itu.

Apalagi kereta jarak jauh Rusia sangat nyaman. Jenisnya adalah sleeper train. Satu kompartemen atau bilik, memiliki dua tempat tidur susun yang berkapasitas empat orang. Setiap penumpang mendapatkan fasilitas berupa dua bantal plus seprai dan selimut bersih dalam plastik bersegel.

Petugas datang ketika kereta api baru berangkat. Mereka memeriksa tiket dan paspor para penumpang asing. Tiket itu akan mereka bawa dan baru dikembalikan ketika kereta hendak tiba di stasiun tujuan. Jadi setelah pemeriksaan, penumpang bisa mengunci kamar dan tidur lelap sepuas-puasnya selama berjam-jam.

Di setiap ujung gerbong juga tersedia ketel air panas. Tinggal tuang saja jika kita ingin menye­duh kopi, teh, atau membuat mi i­nstan. Satu lagi, toiletnya bersih.

”Jadi, untuk apa menyewa hotel jika kita bisa tidur enak dan gratis di dalam kereta,” ucap Luo yang mengaku penggemar aktor Indonesia, Iko Uwais tersebut lantas tersenyum.

Luo dan Yang rencananya akan menonton pertandingan di em­­pat kota yakni Moskow, Saransk, Kazan, dan Saint Petersburg. Jadi dalam masa-masa itu, kereta api akan menjadi rumah mereka. Dua pria Tiongkok tersebut tentu tidak sendiri. Pemerintah Rusia mencatat, ada sekitar 52 ribu orang yang juga memanfaatkan jasa kereta api jarak jauh gratis ini.

”Piala Dunia ini adalah momen penting bagi saya, walau memang faktanya Tiongkok tidak lolos. Saya sih berharap dalam hidup ini bisa menyaksikan Tiongkok bermain di Piala Dunia. Wah pasti akan keren sekali,” kata Yang.(na/jpc)

Baca Juga