Beranda Olahraga piala dunia

Suarez ‘Menggigit’,Uruguay Permalukan Tuan Rumah

EUFORIA: Para pemain Uruguay merayakan gol kedua Le Celeste yang dibuat Diego Laxalt (Fifa.com)

SAMARA-RADAR BOGOR,Laga antara tuan rumah Rusia kontra Uruguay di Samara Arena, Senin (25/6) waktu Indonesia berjalan cukup serius. Kedua tim bahkan langsung mengembangkan permainan cepat sejak awal laga. Kedua kubu langsung melakukan jual beli serangan di menit-menit awal pertandingan.

Namun harus diakui Uruguay tampil lebih kompak dan solid. Baik ketika bertahan maupun saat merancang serangan. Sehingga gol Uruguay sudah tercipta di tendangan pertama ke gawang Rusia yang mereka lakukan di laga ini.

Uruguay mendapat peluang pertama melalui sebuah serangan balik pada menit 10. Bentancur diganjal tepat di depan kotak penalti Rusia oleh Gazinskiy. Luis Suarez maju sebagai algojo tendangan bebas. Tendangannya melesat ke arah sudut gawang Akinfeev.

Rusia jadi menggebu untuk melakukan serangan dan tekanan ke wilayah Uruguay. Sempat mendapat peluang di depan gawang, sundulan Dzyuba terlalu keras memantul ke tanah. Sehingga bola memantul tinggi di atas mistar gawang Muslera.

Asyik menyerang, pertahanan Rusia kocar-kacir oleh serangan cepat Uruguay. Akifeev pun kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya. Tendangan Laxalt mengenai kaki bintang Rusia, Denis Cheryshev. Bola pun berpindah arah dan tak bisa diantisipasi Akinfeev.

Cavani nyaris menjadi pencetak gol ketiga Uruguay pada menit 27. Serangan cepat Uruguay kembali membuat pertahanan Sbornaya keteteran. Menghasilkan bola liar di depan gawang Rusia.

Sayang respons Cavani kurang cepat. Dia kalah sigap dari pemain belakang Rusia yang segera membuang bola jauh dari gawang mereka.

Rusia semakin tertekan memasuki menit 36. Permainan keras yang diperagakan Smolnikov berujung malapetaka bagi Sbornaya. Smolnikov mendapat dua kartu kuning dalam kurun waktu kurang dari 10 menit. Rusia pun harus bermain 10 orang sejak menit 36.

Kondisi ini membuat pelatih Stanislav Cherchesov langsung melakukan perubahan komposisi pemain. Cheryshev ditarik dan digantikan Fernandes yang merupakan pemain bertahan. Namun hal ini tak banyak memberi perubahan. Uruguay masih tetap unggul 2-0 saat wasit  meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir.

Di babak kedua Rusia menerapkan permainan dengan mengandalkan postur tubuh pemain yang menjulang. Umpan-umpan jauh yang dilakukan Rusia sejauh ini memang mampu mereka menangkan mengingat kokohnya Dzyuba di lini serang. Tetapi minimnya dukungan rekan-rekannya membuat bola sering lepas.

Kerja sama satu dua penggawa Rusia di tepi kotak penalti Uruguay gagal menghancurkan kokohnya pertahanan La Celeste. Bek Uruguay, Diego Godin mampu menghentikan aksi Kuzyayev.

Peluang bagi Rusia di menit 74. Operan Muslera berhasil direbut pemain Rusia yang kemudian menyodorkan bola kepada Dyzuba yang berhasil masuk ke kotak penalti Uruguay. Tetapi sepakan kaki kirinya masih melebar dari sasaran.

Cavani menambah derita Rusia lewat gol cantiknya jelang pertandingan berakhir. Striker PSG itu meneruskan tandukan Godin yang mampu ditepis kiper Rusia, Akinfeev

Hingga akhir Uruguay menang 3-0 atas Rusia. Dengan hasil ini Uruguay menjadi juara grup A.

(ysp/goa)

 

Baca Juga