Beranda Olahraga piala dunia

Redam Salah, Arab Saudi Pulang dengan Tiga Poin

BERBAGI
TIGA POIN: Salem Al Dawsari merayakan gol bersama rekannya (Fifa.com)

VOLGOGARD-RADAR BOGOR, Duel sengit tersaji antara Arab Saudi melawan Mesir pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Senin (25/6). Aksi Mohamed Salah dan insiden dua hadiah penalti menghiasi skor imbang 1-1 antara Mesir dan Arab Saudi pada babak pertama.

Sejak awal, Mesir memang bermain penuh disiplin. Meski kalah penguasaan bola, tapi sengatan anak asuh Hector Cuper cukup merepotkan Arab Saudi. Malahan, para pemain bertahan Arab Saudi dibuat melakukan kesalahan fatal pada menit ke-22.

Sebuah kesalahan umpan pemain Arab Saudi membuat Mesir membuka peluang yang dituntaskan Salah dengan cara elok. Dikawal dua pemain lawan, Salah melambungkan bola ke dalam gawang melewati jangkauan kiper Arab Saudi, Yasser Al Mosailem.

Bagi Salah, ini menjadi golnya yang ke-50 dari 58 penampilan baik di level klub atau tim nasional, sejak dia bergabung dengan Liverpool pada tahun lalu. Di Piala Dunia 2018, ini menjadi gol keduanya dari dua tembakan yang dilepas ke gawang lawan. Gol pertama dilesakkan di laga sebelumnya melawan Rusia.

Selain Salah yang mengeksploitasi pertahanan Arab Saudi, rekannya di bawah mistar gawang, Elhadary, pun tercatat di buku sejarah. Kiper berusia 45 tahun dan 161 hari itu menjadi pemain tertua yang tampil di pertandingan Piala Dunia.

Bahkan, usianya masih lebih tua ketimbang tiga pelatih yang tampil pada Piala Dunia 2018. Elhadary lebih tua 179 hari dari pelatih Belgia, Roberto Martinez, 413 hari dari Mladen Krstajic (Kroasia), dan 1164 hari dari Aliou Cisse (Senegal).

Elhadary pun tak sekadar tampil hanya untuk mengukir rekor. Dia memberi kontribusi vital dengan menggagalkan eksekusi penalti pemain Arab Saudi. Hadiah penalti pertama diberikan wasit Wilmar Roldan asal Kolombia setelah bola sepakan Yasir Al Shahrani ditahan oleh Ahmed Fathi dengan tangan.

Di sini menunjukkan keperkasaan dengan menepis bola sepakan penalti Fahad Al-Muwallad pada menit ke-41. Akan tetapi, rntangan Elhadary belum berakhir. Pada inury time babak pertama, wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Arab Saudi akibat bek Mesir Ali Gabr dituding menjatuhkan Fahad Al-Muwallad.

Kali ini, tuah Elhadary tak lagi muncul. Eksekuusi berhasil mengelabui sang pemain tertua. Arab Saudi akhirnya bisa menyamakan skor menjadi 1-1 yang bertahan sampai jeda pertandingan.

Peluang emas didapatkan oleh Arab Saudi di menit 69. Salman Al Faraj melepaskan umpan lambung kemudian disambut dengan sundulan Hussain Al Moghawi yang masih bisa ditepis oleh El Hadary. Tendangan sudut bagi Arab Saudi.

Mesir tersengat. Salah berlari menggiring bola, namun bola bisa dihalau lini pertahanan Arab Saudi. Bola liar disambar oleh Amr Warda yang langsung melepaskan tembakan, namun beruntung ada Motaz yang berhasil menghalau bola keluar lapangan.

Salem Al Dawsari berhasil membawa Arab Saudi unggul 2-1 setelah sepakannya dari sudut sempit memanfaatkan umpan Otayf tak bisa diantisipasi oleh El Hadary. Gol Dawsari menjadi gol terakhir dalam laga ini. Arab Saudi pulang dengan tiga poin pertama.

 

(ysp/goa)

 

Komentar Anda

Baca Juga