25 radar bogor

Persaingan Grup F Tegang, 4 Tim Masih Berpeluang Lolos. Begini Skenarionya!

Selebrasi Pemain Timnas Jerman Thomas Muller usai timnya menang atas Swedia 2-1.
Selebrasi Pemain Timnas Jerman Thomas Muller usai timnya menang atas Swedia 2-1.

RADAR BOGOR-Jerman menang dramatis 2-1 atas Swedia, Minggu (24/6/2018) dinihari. Hasil tersebut membuat persaingan di Grup F tegang. Keempat tim masih berpeluang lolos. Begini skenarionya.

Ya, Korea Selatan yang duduk di dasar klasemen Grup F dengan nilai 0 kini malah jadi terbuka peluangnya untuk lolos setelah Jerman menang 2-1 atas Swedia di detik-detik terakhir laga di Fisht Stadium, Sochi.

Kita lihat klasemen dulu. Meksiko di puncak dengan 6 poin, hasil dua kali menang. Jerman dan Swedia sama-sama di posisi berikutnya dengan poin 3. Korea Selatan 0.

Korea Selatan memiliki 0 poin tapi mereka bisa lolos jika menang atas Jerman di laga terakhir Grup F dengan setidaknya tiga gol tanpa balas, dan di saat yang sama Swedia kalah dari Meksiko. Tipis tapi masih mungkin secara teoritis.

Jika Jerman dan Swedia meraih kemenangan di laga terakhir grup, hal itu akan membuat tiga negara berada pada sama poin di puncak Grup F, Meksiko, Jerman, Swedia. Karena sama poin maka sesuai aturan, selisih gol akan menjadi penentu.

Itulah sebabnya skuad asuhan Joachim Loew ini harus hati-hati. Mereka kini harus menang besar atas Korea Selatan agar unggul selisih gol, sembari berharap Swedia tak mampu setajam itu pada laga terkininya melawan Meksiko.

Hal ini juga membuat suporter Meksiko yang bergembira usai menang atas Korea Selatan menjadi was-was. Tak ada lagi rencana menurunkan skuad kedua pada laga terakhir lawan Swedia. Terlalu riskan. Mereka harus menang, atau minimal draw, untuk bisa lolos.

Situasi lebih tegang lagi akan terjadi jika minggu depan Jerman menang 1-0 atas Korea Selatan dan Swedia menang 1-0 atas Meksiko.

Ketiga tim akan terkunci dengan poin sama, selisih gol sama, produktifitas gol sama dan head-to-head sama. Ketiga tim akan memiliki poin 6 dan selisih gol 3-2. (ysp)