Beranda Olahraga Bogor Soccer

Indonesia 1 vs 2 Korea Selatan, Kecolongan di Menit Akhir

BEREBUT:Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan pada laga friendly match di Stadion Pakansari, Cibinong, kemarin (23/6)

CIBINONG–RADAR BOGOR, Timnas Indonesia U23 harus mengakui kekalahan atas tamunya Korea Selatan U23 pada friendly match dengan skor 1-2 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, tadi malam (23/6).

Para pemain Timnas Indonesia langsung melakukan serangan pada awal babak pertama. Namun, serangan yang dibangun Riko Simanjuntak dkk belum bisa diselesaikan menjadi gol bagi timnya. Bahkan, serangan mereka lebih mendominasi pertandingan di babak pertama.

Setidaknya ada enam peluang yang dimiliki Timnas Indonesia selama babak tersebut. Namun, gol pertama kali justru dihasilkan Tim Korea Selatan beberapa menit sebelum babak pertama berakhir dari sundulan bek Jeong Taewook memanfaatkan tendangan sudut Kim Hyeong pada menit 42. Skor 1-0 untuk kunggulan Korea Selatan bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Luis Milla mengganti tiga pemain sekaligus, yakni Riko, Septian David, dan penjaga gawang M Ridho. Posisi mereka masing-masing digantikan Stefano Lilipaly, Osvaldo Ardiles Haay, dan Awan Seto sebagai penjaga gawang.

Pada menit 68, Timnas Indonesia berpeluang mengimbangkan skor saat Alberto Goncalves memberikan umpan tepat ke depan gawang lawan. Namun, tendangan Osvaldo Ardiles yang menyambut umpan tersebut, masih melebar ke pinggir gawang.

Febri Hariyadi juga berpeluang mencipta gol pada menit 76. Pemain bernomor punggung 13 itu berhasil memotong bola dari pemain belakang lawan dan menggiringnya hingga area kotak penalti. Namun sontekannya mampu ditepis kiper Korea Song Bumkeun.

Gol penyeimbang pada menit 92 memanfaatkan umpan dari pemain pengganti Saddil Ramdani tercipta dari sundulannya Hansamu. Namun, Tendangan Han Seunggyu dari luar kotak penalti jelang menit terakhir babak kedua tak mampu diblok para pemain Indonesia. Pertandingan pun dimenangkan Korea Selatan dengan kedudukan 2-1.

”Secara skor kita kalah tapi permainan tidak kalah, kita bermain keras dan dari hati dukung terus jangan nyinyir saja,” ujar pemain tengah Timnas Indonesia U23 Septian David Maulana, kemarin (23/6).

Pelatih Timnas Indonesia U23 Luis Milla Aspas mengatakan, permainan anak asuhnya sudah ada perubahan meskipun lawan yang dihadapi tangguh, tetapi masih bisa meredam serangan. ”Saya juga senang mau pakai dua striker.

Tapi Kadang mereka di depan bersama, kadang Lilipaly juga berdua di depan. Bahkan, terakhir kami gunakan Febri sebagai striker, dia banyak menciptakan peluang di menit-menit akhir,”katanya

Sementara itu, pelatih Timnas Korea Selatan Kim Hakbum mengaku secara permainan anak asuhnya mendominasi meskipun beberapa peluang dari Indonesia membahayakan gawang.

”Kami kecolongan satu gol, meskipun menang tetapi evaluasi tetap ada sebagai pemilihan skuat di Asian Games nanti,” ujarnya usai pertandingan.(nal/c)

Baca Juga