25 radar bogor

Dramatis! Jerman Tumbangkan Swedia di Menit-Menit Akhir

COMEBACK: Marco Reus berselebrasi usai mencatatkan skor penyeimbang kala menjamu Swedi di penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 Rusia (Twitter/DFB_Team_EN)

SOCHI-RADAR BOGOR,Sejak awal babak pertama, Jerman memegang kendali permainan. Banyak peluang yang tercipta baik dari Julian Draxler, Thomas Mueller, serta Timo Werner.

Namun dewi keberuntungan seperti enggan berpihak ke kubu Der Panzer. Meski ditekan secara bertubi-tubi, Swedia nyatanya bisa selamat dari ancaman kebobolan.

Setengah jam laga berjalan, Sebastian Rudy terpaksa ditarik keluar karena hidunganya mengeluarkan darah. Perannya sebagai gelandang bertahan digantikan oleh pemain Manchester City, Ilkay Gundogan.

Namun pergantian tersebut tidak memberikan efek positif untuk Jerman. Sebaliknya, mereka justru tertinggal lewat skema serangan balik. Berawal dari umpan Viktor Claesson, Ola Toivonen kemudian berhasil memanfaatkan lengahnya lini belakang Jerman. Pada menit 32, bola bersarang di sisi kanan gawang.

Tak lama berselang Jerman nyaris menyamakan kedudukan lewat sepakan Mueller. Namun kiper Swedia, Robin Olsen tampil gemilang karena untuk kesekian kalinya ia bisa menggagalkan peluang tim lawan.

Di penghujung babak pertama, giliran Manuel Neuer yang beraksi secara mengagumkan. Sang pemain sukses menepis bola hasil sundulan Marcus Berg ke pojok kanan gawang.

Tiga menit babak kedua berjalan. Si ‘anak hilang’ Marco Reus menyamakan keaadaan lewat umpan silang dari sisi kiri, Reus yang berada di depan gawang dan mendapat kawalan dari Augustinsson sukses melepaskan sepakan yang tak mamu dihentikan Olsen.

Manuel Neuer jadi pahlawan di babak kedua ini. Forsberg yang melepaskan tendangan bebas dari luar kotak penalti harus menerima kenyataan peluangnya mentah di tangan kiper Bayern Munchen tersebut.

Jerman harus bermain dengan sepuluh orang setelah Boateng menerima kartu kuning kedua. Memanfaatkan keunggulan pemain, Swedia terus menekan.

Guidetti yang masuk menggantikan Toivonen hendak menyambut bola namun berhasil digagalkan Neur.

Saat hasil akan berakhir  imbang bagi kedua tim, Toni Kross menciptakan gol yang membuat Jerman unggul 2-1  Jerman masih memelihara asa untuk ke babak 16 besar.

(ysp/goa)