Beranda Olahraga piala dunia

Bantai Panama 6-1, Inggris Melaju ke Babak 16 Besar

SUPERIOR: Para pemain Inggris merayakan kemenangan atas Panama (Fifa.com)

NOVGOROD-RADAR BOGOR, Timnas Inggris dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 usai membantai Panama 6-1, dalam laga kedua Grup G di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6/2018). Sementara Panama harus angkat kaki setelah menelan dua kali kekalahan.

Pada laga ini, Harry Kane menyarangkan hattrick, John Stones mengemas brace, dan satu gol Inggris lain dicetak Jesse Lingard. Adapun gol hiburan Panama dicetak Felipe Baloy.

The Three Lions langsung memecah kebuntuan pada menit kedelapan. Dari sebuah eksekusi sepak pojok, Kieran Trippier mengirim umpan kepada John Stones.
Lepas dari penjagaan, bek asal Manchester City itu melepaskan sebuah sundulan. Bola lantas mengarah ke sudut kiri bawah gawang dan tak mampu dihalau Jaime Penedo. Skor 1-0.

Panama berusaha merespons di menit ke-15. Memaksimalkan ruang tembak yang ada, dari luar kotak penalti Edgar Barcenas melepaskan tendangan melengkung. Bola hanya menyamping di kiri gawang.

Di tengah upaya mengejar, Panama justru melakukan kesalahan fatal. Pelangaran Fidel Escobar terhadap Raheem Sterling di kotak terlarang membuat wasit tak ragu menunjuk titik putih. Hadiah tendangan penalti pun didapat Inggris.

Harry Kane yang tampil sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan kaki kanan punggawa Tottenham Hotspur itu meluncur deras ke sudut kiri atas dan memaksa gawang Jaime Penedo bergetar untuk kali kedua. Skor menjadi 2-0.

Inggris kembali mengancam lewat situasi set-piece pada menit ke-32. Umpan tendangan bebas Kieran Tripier diteruskan Hary Maguire dengan sundulan. Sayangnya, bola hasil tandukan bek Leicester City itu hanya melayang di atas gawang.

The Three Lions akhirnya menambah perolehan gol empat menit berselang. Usai menerima umpan pendek Raheem Sterling, dari luar kotak penalti Jesse Lingard membidikkan bola ke sudut kanan atas dengan sebuah tendangan keras. Jaime Penedo tak mampu menggagalkan peluang tersebut dan terjadilah gol ketiga. Skor 3-0.

Seolah belum puas, Inggris kembali menambah jarak pada menit ke-39. Berawal dari kemelut hasil bola mati, Raheem Sterling menyndul bola dan dapat ditepis Penedo, namun menghasilkan rebound yang justru mengarah kepada John Stones.
Tanpa ampun, Stones menyambar si kulit bundar dengan sundulan yang berujung gol keduanya. Skor lagi-lagi berubah, 4-0 untuk Inggris.

Semenit jelang waktu normal babak pertama usai, Inggris kembali mendapat hadiah tendangan penalti. Situasi ini terjadi lantaran Godoy melakukan pelanggaran terhadap Harry Kane di kotak terlarang.

Kane yang mengeksekusi sendiri tendangan tersebut berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk kali ke dua. Tendangannya mengarah ke kiri dan mengecoh Penedo. Skor menjadi 5-0 dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Inggris tetap memegang dominasi. Bola lebih banyak mengalir di daerah pertahanan Panama.

Upaya The Three Lions mengurung lawan berbuntut manis pada menit ke-63. Bola hasil tendangan jarak jauh Ruben Loftus-Cheek membentur kaki bagian belakang Harry Kane dan berbelok arah menuju sisi gawang yang tak mampu dijangkau Penedo. Gol pun tercipta dan skor berubah menjadi 6-0.

Sembilan menit kemudian Inggris lagi-lagi menebar ancaman. Jordan Henderson menyambar bola muntah dengan tendangan voli dari dalam kotak penalti, namun hasilnya sekadar menyamping dari sasaran.

Panama mendapat gol hiburan di menit ke-78. Umpan tendangan bebas Mila dituntaskan dengan baik oleh Felipe Baloy.
Ia mengarahkan bola ke sudut kanan bawah gawang menggunakan dorongan kaki. Pickford tak mampu menghalau laju si kulit bundar dan skor pun menjadi 6-1.

Gol tunggal Panama sekaligus menjadi yang terakhir. Skor 6-1 untuk kemenangan Inggris bertahan hingga wasit menyudahi pertandingan.

(ysp)

Baca Juga