Beranda Olahraga piala dunia

Nigeria Menang atas Islandia, Peluang Argentina Kembali Terbuka. Ini Skenarionya!

Lionel Messi terjatuh saat laga Argentina menghadapi Kroasia Jumat (22/6/2018) dini hari.

RADAR BOGOR-Sukses Nigeria mengalahkan Islandia 2-0 dalam pertarungan Grup D di Volgograd Arena, Jumat (22/6/2018) malam, secara tak langsung membantu Argentina.

Ya, dengan kemenangan tersebut, peluang Lionel Messi cs lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Kroasia 3-0, kembali terbuka.

Saar ini Argentina mengemas nilai 1, sama dengan Islandia, dan tertinggal 2 poin oleh Nigeria.

Nah, pada laga terakhir, Argentina akan melawan Nigeria. Sedangkan Islandia akan menghadapi Kroasia.

Pada dasarnya skenario Argentina untuk bertahan di Piala Dunia 2018 adalah dengan cara mengalahkan Nigeria dan berharap Islandia tidak menang atas Kroasia. Hal itu memastikan Tim Tanggo lolos ke babak berikutnya.

Nah, situasi akan jadi lebih pelik jika nantinya Argentina dan Islandia sama-sama meraih kemenangan dalam laga terakhirnya di fase grup Piala Dunia 2018.

Jika demikian, Argentina dan Islandia akan punya poin sama dan satu tiket sisa untuk lolos dari grup ini bakal ditentukan lewat tie-breaker.

Kriteria pertama tie-breaker di Piala Dunia 2018 adalah selisih gol. Dengan situasi saat ini, Argentina yang masih kalah selisih gol dari Islandia harus bisa menang dengan skor lebih baik daripada rivalnya.

Contoh: kalau Argentina menang 3-0 dan Islandia menang 2-1, kedua tim punya poin sama tapi selisih gol Argentina jadi 0 dan Islandia minus 1. Argentina mengungguli Islandia.

Kalau nantinya selisih gol Argentina dan Islandia masih sama, kriteria tie-breaker kedua yang akan dipakai adalah jumlah gol yang masing-masing mereka cetak di seluruh laga Grup D. Sedangkan kriteria ketiga dalam tie-break Piala Dunia 2018 adalah jumlah kartu.

Jadi pada dasarnya, agar tidak perlu repot pakai hitungan ini-itu, Argentina harus berusaha menang dengan skor sebesar-besarnya demi menjaga peluang di Piala Dunia 2018. (ysp)

Berikut ini klasemen Grup D

No. Tim          Main W   D   L   Gol   Poin
1.    Kroasia      2     2    0   0   5:0    6
2.    Nigeria       2     1    0   1   2:2    3
3.    Islandia      2     0    1   1   1:3    1
4.    Argentina   2     0    1   1   1:4    1

Baca Juga