25 radar bogor

Monyet Liar Resahkan Warga

ilustrasi

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Tiga monyet liar berukuran besar yang ber­keliaran di Perumahan Pondok Mitra Lestrari (PML) Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, membuat warga resah.

Apalagi, seorang petugas ke­amanan di peruma­han tersebut menjadi korban gigitan monyet liar tersebut, Kamis (21/6) malam.

Akibatnya, Abdul Azis -satpam perumahan itu- mengalami luka serius di bagian tangan kanan. Luka sobek akibat gigi­tan monyet liar itu menyebabkan sebelas jahitan. Kini korban menjalani rawat jalan akibat luka gigitan salah satu monyet liar tersebut.

Ketua RW 13, Rio Budianto mengatakan, peristiwa pe­nyerangan monyet itu terjadi ketika Abdul Azis tengah ber­jaga di pos keamanan. Saat itu, datang satu monyet liar dan langsung menyerang.

“Tangan kanannya mengalami luka akibat digigit,” terangnya, kemarin (22/6).

Rio menambahkan, kehadiran monyet liar di lingkungannya itu meresahkan warganya, khususnya para ibu rumah tangga. Bahkan warga memper­kirakan ada tiga ekor monyet dengan ukuran besar dan kecil yang berkeliaran di lingkungan perumahannya.

“Kami tidak tahu monyet dari mana? Tapi sering datang ke rumah warga yang memiliki pohon mangga dan pisang,” cetusnya.

Sementara itu, Kabid Peter­nakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Satia Sriwijayanti mengatakan, akan segera mengerahkan petugas untuk mengecek informasi tersebut. Dia menambahkan, penyerangan yang dilakukan monyet liar kepada manusia bisa dipicu berbagai faktor.

Salah satunya, faktor terusik dan lapar yang paling memung­kinkan. Sebab, hewan akan melakukan pertahanan dengan menyerang bila terusik dengan makhluk lain. Begitu pula bila lapar, mereka akan menyerang makhluk lain demi menda­patkan makanan.

“Mungkin saat kejadian ada makanan di pos satpam atau petugas sedang pegang maka­nan, sehingga monyet dengan nalurinya ingin mengambil makanan itu dengan me­nyerang,” terangnya juga.

Rencananya, Satia akan ber­koor­dinasi dengan Dinas Pe­madam Kebakaran Kota Bekasi untuk menangkap hewan terse­but. “Kami akan segera terjunkan petugas menangkap monyet liar itu,” cetusnya juga.(dny)