25 radar bogor

Kawaci Jadi Primadona Lebaran

IKI/RADAR BOGOR DIMINATI: Sebagian pengunjung melintasi jembatan cinta yang menjadi salah satu spot foto di kawasan Wisata Cikaret (Kawaci) Nanggung.

NANGGUNG–RADAR BOGOR,Siapa yang tidak ingin berwisata di tem­pat yang menjanjikan banyak ke­indahan alam dengan har­ga relatif murah? Di wila­yah Bogor Barat, berbagai kawa­san wi­sa­ta yang menawarkan pa­norama keindahan alam ter­hampar luas.

Sebut saja, Kawasan Wisata Cikaret atau Kawaci di daerah Pongkor, Nanggung. Pantauan Radar Bogor, Kawaci masih men­jadi destinasi wisata pri­ma­dona masyarakat Bogor dan luar Bogor. Pada libur Leba­ran ini, pengunjung Kawaci bisa menembus angka 1.000-1.500 orang per hari. Padahal, di hari-hari biasa dan weekend hanya 100-500 pengunjung per hari.

”Lebaran ini banyak sekali pengunjungnya. Ada yang dari Bogor, bahkan dari luar Bogor seperti Tangerang, Banten, juga Jakarta. Masuknya gratis kok. Paling cuma parkir. Di­hi­tung­nya per kendaraan Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil,” ujar Aris Tarman, salah satu pe­ngelola harian Kawaci ketika ditemui Radar Bogor.

Pun halnya Panorama Alam P­a­bang­bon yang juga me­ngalami kenaikan pengunjung, tapi tidak terlalu signifikan. Banyaknya lokasi wisata pe­saing, digadang-gadang jadi sebab turunnya pamor Pabangbon.

”Ya, sebetulnya ada kenaikan. Tapi untuk Lebaran ini tidak terlalu drastis. Mungkin karena banyak tempat wisata lain juga. Pengunjung harian selama Lebaran di Pabangbon bisa sampai 500-an. Biasanya cuma 50-100 pengunjung dengan tiket Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk Lebaran,” kata Ketua Lembaga Masya­ra­kat

Desa Hutan (LMDH) Rohman saat dikonfirmasi Radar Bogor.

Di sisi lain, wisata Panorama Wangunjaya (Pawaja) Leu­wi­sadeng yang diresmikan belum lama ini, mulai dilirik wisatawan dari berbagai daerah. Seperti diutarakan Ocang Iskandar, ketua LMDH Wa­ngun­jaya kepada Radar Bogor.

”Sebenar­nya kita (Pawaja, red) baru dires­mikan. Jadi semuanya masih apa adanya,” ujarnya.

Meski begitu, daya tarik wisa­tawan mulai terlihat di Lebaran kali ini. Per hari, bisa sam­pai 200-an pe­ngun­jung. Biasanya cuma 100-an. ”Tiketnya cuma Rp15.000,” sebutnya saat dikonfirmasi.(cr3/c)