25 radar bogor

Berdayakan Pemuda Perumahan

MANDIRI: Warga Perumahan Bank Bumi Daya (BBD) Mekarsari Cimanggis diajak membangun ketahanan pangan dengan membuat kolam ikan.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Membangun krea­tivitas dan kemandirian pe­muda memanglah tidak mudah. Sehingga, peranan pe­mangku kebijakan dan masyarakat sangatlah diper­lukan guna mewujudkannya.

Seperti halnya Dion (50) warga Perumahan Bank Bumi Daya (BBD) Mekarsari Cimanggis, yang membangun kolam berisi berbagai jenis ikan guna mewujudkan kemandirian pangan masyarakat dengan memberdayakan para pemuda sekitaran kompleks.

Saat ditemui Radar Cibubur, Rabu (20/6) kemarin, dia me­ngatakan, secara sukarela memanfaatkan waktunya libur Lebaran untuk membangun kolam pada lahan kosong sekitaran perumahan.

”Kolam yang ada ini dibuat untuk memberikan pemahaman kepada warga khususnya anak muda sekitaran (BBD) perihal berternak ikan untuk keman­dirian ketahanan pangan,” katanya.

Dion menerangkan, ada beragam jenis ikan yang sudah di kembang biakan dalam kolam tersebut. Di antarannya ikan lele, bawal, dan lain sebagainnya. Kata dia, kolam tidak perlu besar, namun yang terpenting ialah ada terpal sebagai alas. ”Kolam terpal ini harus dikasih lem antibocor, supaya kuat menahan debit air untuk di isi ikan nantinya,” ujarnya.

Ia mengaku, para pemuda Kompleks BBD telah dibinanya untuk membuat kolam terpal pribadi di rumahnya masing-masing.

“Mereka juga antusias dengan kolam ikan terpal ini, karena hasil ternaknya bisa dijual dan mereka pun dapat memiliki penghasilan sendiri ke depannya,” ungkapnya.

Dia berharap, pembelajaran yang telah diberikan dapat memberikan kegunaan bagi pemuda sekitar. Apalagi kolam ini juga dapat dijadikan sebagai contoh nyata bahwa masyarakat dapat mandiri perihal keta­hanan pangan.

“Kuncinya tidak perlu gengsi dalam menjala­ninya, dari situ kesuksesan juga akan datang,” pungkasnya.(cr2/c)