Beranda Metropolis

Bogor Primadona Warga Transit

BERBAGI
PADAT: Warga mulai memadati Stasiun Bogor yang merupakan pintu keluar-masuk ke Kota Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR,Arus balik Lebaran sudah selesai. Kerap kali terselip masyarakat luar daerah berdatangan ke Kota Bogor berbarengan dengan mereka yang pulang dari mudik.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), ada sekitar 300 warga pendatang baru di Kota Bogor. Bukan untuk menetap, melainkan hanya untuk transit kemudian bekerja di wilayah sekitar Bogor.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dodi Ahdiyat memastikan bahwa sekitar 300 warga transit itu tidak tinggal menetap di Kota Bogor. Mereka merupakan para pencari kerja di wilayah Kabupaten Bogor, Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan sejumlah daerah lainnya yang menjadi kawasan industri.

“Setelah kita analisa, ada sekitar 300 warga pendatang pasca-Lebaran. Tapi, Kota Bogor bukan destinasi mereka untuk menetap, melainkan hanya transit. Jadi, mereka tidak tinggal menjadi warga Kota Bogor,” jelasnya kepada awak media saat Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman melakukan sidak absensi PNS di kantornya, kemarin (21/6).

Dodi menyebutkan, nantinya warga pendatang baru itu akan menyebar di beberapa wilayah. Karenanya, Disdukcapil Kota Bogor tidak akan melakukan operasi yustisi terhadap warga pendatang baru itu. “Tidak ada. Tapi, mereka tetap kita pantau keberadaannya melalui pengurus RT, RW, dan kelurahan setempat,” kata Dodi. (fik/c)

Komentar Anda

Baca Juga