25 radar bogor

Terbantu Peran VAR, Australia Tahan Denmark 1-1

KETAT: Striker Australia Rogic berduel dengan gelandang Denmark (baju putih) Delaney (Reuters)

SAMARA-RADAR BOGOR,Pertandingan antara Denmark dengan Australia di Grup C Piala Dunia 2018, berlangsung sangat sengit. Pertandingan yang berlangsung di Samara Arena, Kamis (21/6) malam WIB itu untuk berkesudahan 1-1.

Denmark langsung mengambil inisiatif menyerang sejak sepak mula. Kesempatan pertama hadir pada menit ketiga melalui tendangan bebas Christian Eriksen. Sayang bola melambung tipis di atas mistar.

Australia tak mau bermain pasif dan defensif. Mereka cukup merepotkan pertahanan Denmark lewat pergerakan Tom Rogic dan Andrew Nabbout. Kans apik juga diperoleh Mathew Leckie. Sayang ia gagal mencetak gol.

Eriksen membuat Denmark unggul melalui golnya pada menit ketujuh. Setelah menerima assist Nicolai Jorgensen, Eriksen meelpaskan sepakan ke arah gawang Australia. Bola gagal diantisipasi kiper Mathew Ryan. Gol, Denmark unggul 1-0.

Gol Eriksen berdampak positif ke permainan Denmark. Permainan mereka semakin hidup. Mereka berhasil mengontrol pertandingan. Walaupun sesekali tertekan oleh counter attack Australia, gawang Denmark masih aman hingga menit ke-20.

Pione Sisto memberikan sebuah ancaman ke gawang Australia melalui sebuah tendangan voli dari kaki kiri. Akan tetapi peluangnya pada menit ke-23 itu berhasil digagalkan kiper Ryan.

Sebuah umpan sangat matang diberikan Henrik Dalsgaard kepada Jorgensen pada menit ke-24. Jorgensen berhasil melalui kawalan bek Australia dan berusaha menanduk bola. Sayang sundulannya melenceng di kiri gawang.

Rotasi yang dilakukan Australia dengan menempatkan Leckie dan Robbie Kruse sebagai pemain sayap sebenarnya berjalan bagus. Sebab kedua pemain inilah yang menjadi sumber serangan Socceroos.

Wasit Antonio Mateu Lahoz menghentikan pertandingan pada menit ke-36 menyusul sebuah insiden di kotak penalti Denmark. Setelah melihat tayangan di VAR, wasit memutuskan memberikan hadiah penalti untuk Australia.

Keputusan itu diambil menyusul terjadinya handball yang dilakukan striker Denmark, Yussuf Poulsen. Mile Jedinak sukses mengeksekusi penalti di menit ke-38. Ia berhasil mengecoh kiper Kasper Schmeichel sekaligus mengubah skor menjadi 1-1.

Denmark kembali memperoleh peluang lewat tendangan bebas Eriksen pada menit ke-43. Namun bola berhasil digagalkan Ryan. Kesempatan juga didapat Sisto pada masa injury time babak pertama. Namun ia gagal mencetak gol. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain terbuka. Beberapa peluang tercipta namun tak satupun yang membuahkan gol. Skor akhir tetap sama kuat 1-1.

(ysp)